Kabar dari Kubar

64 Pelajar dari 9 Sekolah Mengikuti Pelatihan Tari & Musik Tradisional Kubar

Sebanyak 64 pelajar dari sembilan sekolah mengikuti pelatihan tari dan musik di wilayah Kecamata Barong Tongkok.

64 Pelajar dari 9 Sekolah Mengikuti Pelatihan Tari & Musik Tradisional Kubar
IST/HUMAS
BELAJAR MENARI - Anak-anak SD 001 Barong Tongkok belajar menari tradisional. Kegiatan ini dalam rangka pelatihan menarik dan musik di Kubar. 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR - Sebanyak 64 pelajar dari sembilan sekolah mengikuti pelatihan tari dan musik di wilayah Kecamata Barong Tongkok. Pelatihan diprakarsai Bina Seni Banir (BSB) Kabupaten Kutai Barat bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubar.

Pelatihan berlangsung 18-23 Februari 2019 bertempat di Taman Budaya Sentawar (TBS), baru-baru ini. Pembukaan tersebut dibuka Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubar, Yohanes, disela-sela kegiatan tersebut.

Ketua BSB Kabupaten Kutai Barat Rikam melalui Wakil Ketua Harian Abed Nego mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kecintaan terhadap seni tari dan musik sejak dini khususnya kesenian Kubar. Pesertanya anak-anak murid dari SD hingga SMP.

Gelar Acara Satu Hari Berbudaya, Ajak Anak-anak Kubar Cinta Seni dan Budaya

Materi yang diberikan antara lain, pengenalan seperti olah tubuh atau pemanasan, basik atau dasar sendratari, pengenalan tarian, penggabungan gerak dengan koreografi, kemudian penggabungan dengan musik dan juga performance atau penampilan.

"Materi pelatihan tari tradisional Kubar seperti gantar, jepen dan lain sebagainya, serta musik kolaborasi dan kreasi. Pada akhir pelatihan akan menampilkan karya tari dan musik dari masing-masing kelompok, " bebernya.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubar, Yohanes menambahkan hal seperti ini perlu dikembangkan sejak dini terutama seni budaya sejak dini. Ini merupakan warisan dan ciri khas khususnya yang ada di Kabupaten Kubar.

Pemerintah sudah menyiapkan sarana dan prasarana seperti adanya bangunan TBS ini yang merupakan keinginan untuk memajukan seni budaya agar nilai-nilai menjadi asset bagi Kubar.

Prakiraan Cuaca Kota Samarinda Senin (25/2/2019), Terjadi Hujan Lokal di Beberapa Kecamatan

Dia berharap kegiatan seperti ini tidak sia-sia, seluruh pendamping dan pemerhati seni budaya untuk terus dibina dan dilatih. Bagi peserta dari anak didik yang merupakan aset daerah untuk menyumbangkan seperti identitas masing-masing etnis yang dikolaborasikan pada seni dan budaya. (hms 19)

Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved