Berita Pemkab Kutai Barat

Bupati Dukung Pesta Demokrasi Berkualitas, Ajak Warga Kubar Gunakan Hak Pilih pada Pemilu 2019

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kubar melakukan sosialisasi Pemilihan Umum (Pemilu).

Bupati Dukung Pesta Demokrasi Berkualitas, Ajak Warga Kubar Gunakan Hak Pilih pada Pemilu 2019
IST/HUMAS
SOSIALISASI PEMILU - Sekretaris Kabupaten Yacob Tullur membuka kegiatan Sosialisasi Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2019 di Balai Agung Aji Tulur Jejangkat, Senin (25/2) 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kubar melakukan sosialisasi Pemilihan Umum (Pemilu). Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden, 17 April 2019 mendatang.

Berbagai cara dilakukan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat. Salah satunya Kesbangpol Kubar menggelar sosialisasi yang dilaksanakan di Balai Agung Aji Tulur Jejangkat dikuti 390 peserta terdiri camat, petinggi dan para pengurus kampung. Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Kabupaten Drs Yacob Tullur MM, Senin (25/2).

Kegiatan sosialisasi pemilu digelar Kesbangpol di tiga zona. Untuk Zona I Kecamatan Long Iram, Tering, Linggang Bigung, Barong Tongkok, Sekolaq Darat, Melak, Nyuatan dan Kecamatan Mook Manaar Bulatn. Zona II Kecamatan Muara Pahu, Penyinggahan, Jempang dan Kecamatan Bongan. Sedangkan zona III meliputi Kecamatan Muara Lawa, Damai, Bentian Besar dan Siluq Ngurai.

Tantang Jokowi Secepatnya Buat Perppu HGU, Fahri Hamzah: Mumpung Pak Prabowo Sudah Setuju

Narasumber dari Kesbangpol Provinsi, dan Ketua KPUD Kubar. Turut hadir Waka Polres Kubar, Asisten I,II,dan III serta Kepala PD di lingkungan Pemkab Kubar.

Dalam sambutan tertulis Bupati FX Yapan SH yang dibacakan Sekkab Kubar Drs Yacob Tullur MM mengharapkan melalui kegiatan sosialisasi pemilu berdampak pada tercapainya peningkatan pengetahuan dan wawasan serta optimalisasi peran dan fungsi masyarakat mendukung penyelenggaraan pesta demokrasi yang berkualitas.

Bupati juga memaparkan, Pemilu 2019 pada April mendatang, merupakan pemilu pertama kalinya dilakukan serentak dengan pilpres dan pemilu legislatif. Rakyat memilih langsung calon anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten sesuai hati nurani serta memilih langsung Presiden dan Wakil Presiden secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Berbagai kegiatan yang bersifat untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilu pun telah dilaksanakan oleh Pemkab Kubar sebagai bentuk dukungan untuk mengimplementasikan UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu serta Surat Edaran Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum nomor 200/3177/POLPUM tanggal 16 Agustus 2018 tentang Pelaksanaan Kegiatan Pendidikan Politik.

Mendagri Tolak Usulan KPU Soal Perppu Tambahan Surat Suara, Ini Pertimbangannya

Ragam kegiatan ini pula yang kemudian diharapkan menjadi bekal bagi rakyat yang sudah memiliki hak pilih sadar bahwa penting menggunakan haknya menentukan nasib bangsa ini dengan memilih pemimpin yang berkualitas dan pro rakyat. Dan juga kepada para pemangku kepentingan di masyarakat baik unsur pemerintahan, dan tokoh untuk menjalankan peran dan fungsinya mendukung dan memotivasi masyarakat untuk dewasa dalam berdemokrasi.

Sosialisasi pemilu dimulai sejak 20 Februari hingga 5 Maret mendatang kiranya dapat dijadikan sebagai sarana konsolidasi demokrasi dengan harapan dapat memperbaiki dan menyempurnakan penyelenggaraan Pemilu ke depan. Sehingga menghasilkan pemilu lebih demokratis serta semakin meningkatkan peran serta pemilih.

"Harapan saya melalui persamaan persepsi di antara pemangku kepentingan dalam upaya pencapaian pemilu yang demokratis juga dapat diwujudkan," kata Bupati.

Bupati juga mengingatkan agar para pemangku harus peka dan mampu membaca pemetaan masalah atau situasi kondisi yang rawan terjadi konflik politik seperti ketertiban jadwal tahapan pemilu, kenetralan PNS, update data penduduk pemilih, tertib kampanye, tata cara pemungutan dan penghitungan suara.

Motif Bunuh Diri di Transmart Perlahan Terkuak, Sempat Nonton Bioskop dan Cekcok dengan Seseorang

Sebagai upaya untuk menjamin agar pemilu dapat berjalan secara baik kiranya tokoh masyarakat, tokoh agama dan pendidik serta aparat Keamanan dalam hal ini Polres Kutai Barat dapat saling bersinergi dan saling mendukung satu sama lain.

Secara khusus kepada para peserta, diharapkan dapat memanfaatkan momentum ini dengan baik, sehingga akan memperoleh pengertian dan pemahaman yang komprehensif tentang seluruh proses tahapan kegiatan pemilu serentak pada April mendatang dan dapat membantu menciptakan suasana aman, damai, berkualitas dan bermartabat.(hms10)

Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved