Kabar dari Kubar

425 Peserta Ikut Bimtek Penyusunan APBKAM Siskeudes 2.0, Ini Pesan Bupati Kubar

Bupati Kutai Barat FX Yapan membuka kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (APBKAM)

425 Peserta Ikut Bimtek Penyusunan APBKAM Siskeudes 2.0, Ini Pesan Bupati Kubar
IST/HUMAS
BUKA BIMTEK - Bersama Bupati Kubar FX Yapan dan jajarannya bersama peserta Bimtek Penyusunan APBKAM menggunakan aplikasi Siskeudes 2.0 asal Kecamatan Damai, Muara Lawa, Muara Pahu , Jempang dan Bongan. 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR - Bupati Kutai Barat FX Yapan membuka kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (APBKAM) menggunakan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) versi 2.0 bertempat di Lamin Aoheng Taman Budaya Sendawar.

Bimtek diikuti 415 peserta dari 190 Kasi Keuangan Kampung, 190 Operator Siskeudes Kampung, 10 Staf Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung dan 25 Staf Anggaran Badan Keuangan dan Aset Daerah.

Bupati dalam sambutannya menjelaskan bimtek yang diprakarsai BKAD dan DPMK Kabupaten Kutai Barat bekerjasama dengan BPKP Kaltim ini kiranya dapat mendorong peningkatan SDM dan kinerja aparatur kampung mulai perencanaan hingga pelaporan APBKAM menggunakan aplikasi Siskeudes versi 2.0.

Sekda Buka Pelatihan Manajemen Seni, Berharap Sanggar Seni Kembangkan Budaya Daerah Kubar

"Pada akhirnya terwujudlah pengelolaan keuangan desa atau kampung yang transparan, akuntabel dan partisipatif sesuai Peraturan Menteri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa," ujarnya.

Bupati Yapan mengimbau kepada peserta dapat mengikuti bimtek dengan serius sehingga ilmu yang diperoleh dapat diterapkan di tempat kerjanya. Kepada BKAD dan DMPK diharapkan dapat terus meningkatan peran dan fungsinya mengontrol dan mengevaluasi sejauh mana bimtek ini telah optimal diterapkan.

"Implentasi dari kegiatan ini adalah bagian terpenting, karena dengan penyajian laporan keuangan yang baik adalah salah satu upaya mempertahankan dan meningkatkan opini WTP yang selama 3 kali berturut-turut kita raih. Mari kita bekerja bukan karena adanya kepentingan tetapi karena kebutuhan demi hari esok yang lebih baik," tuturnya.

Usai Diarak, Timnas U-22 Indonesia Akan Dijamu Presiden Jokowi di Istana Negara

Hal senada diungkapkan Kepala BKAD Kabupaten Kubar Sahadi. "Melalui kegiatan ini peserta diharapkan mampu memahami konsep dan praktik pengelolaan keuanag desa menggunakan aplikasi Siskeudes 2.0. Terima kasih untuk dukungan seluruh pihak yang telah mensukseskan kegiatan ini," ujarnya.

Koordinator Pengawasan Bidang Akuntanbilitas Pemerintah Daerah Perwakilan BPKP Kaltim Sumaljo dalam sambutannya menyebutkan aplikasi ini adalah sebagai alat bantu dalam ragam pengelolaan keuangan desa. Para petinggi dapat fokus terhadap program dan kegiatan yang sudah direncanakan dalam APBKAM

"Saya mengapresiasi atas kepedulian Pemkab Kutai Barat dalam pengelolaan keuangan sampai pada sektor kampung. Semoga hal baik ini dapat terus dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi ke depannya," tutupnya. (HMS11)

Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved