Dewan Adat Dayak Kaltim Melantik Dewan Adat Dayak Kutim yang Diketuai Harpandi SE

Dewan Adat Dayak Kaltim Melantik Dewan Adat Dayak Kutim yang Diketuai Harpandi SE

Dewan Adat Dayak Kaltim Melantik Dewan Adat Dayak Kutim yang Diketuai Harpandi SE
TRIBUN KALTIM / MARGARET SARITA
Pelantikan DAD Kutai Timur oleh Ketua Adat Dayak, Indra Bengeh disaksikan Bupati Ismunandar dan Wabup Kasmidi Bulang. 

Dewan Adat Dayak Kaltim Melantik Dewan Adat Dayak Kutim yang Diketuai Harpandi SE

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA –  Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Timur melantik pengurus DAD Cabang Kutai Timur untuk masa  bakti 2017-2022. Pelantikan dan pengukuhan pengurus DAD Kutai Timur yang diketuai  Harpandi SE dilakukan oleh Kepala Adat Besar Dayak Kutai Timur, Indra Bengeh SH M HUM di Gedung Serba Guna Bukit Pelangi, Rabu (27/2/2019).

 Dalam kesempatan tersebut, Harpandi berjanji akan bekerja sesuai dengan AD ART dewan adat. Dengan tugas utama melestarikan adat budaya agat tidak terkikis oleh modernisasi yang ada. “Saya berharap tokoh-tokoh adat Dayak semua, sesuku untuk membantu DAD dengan memberikan masukan, agar kami mampu menjalankan tugas ini dengan baik. Terutama yang terkait dengan adat dan budaya,” ungkap Harpandi pada Tribun Kaltim.

Karena orang Dayak dekat dengan alam, menurut  Harpandi, tugas utama DAD adalah melestarikan alam juga. Menjaga alam di sekitar dengan sebaik-baiknya agar terjaga kelestariannya. Satu di antara yang sudah dilakukan DAD adalah membuat  film pencegahan  HIV AIDS dan narkoba. Bekerja sama dengan PT Kaltim Prima Coal (KPC).

Dana Pinjaman Rp 278 M Pemkab Kutim Menunggu Persetujuan Bankaltimtara

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Polisi Kutim Bersihkan Sampah di Pasar

 Selain mengawal, rencana penetapan Hutan Wehea menjadi hutan adat, selain sebagai hutan lindung yang ditetapkan oleh pemerintah. “Kami ingin bekerja sama dengan para tokoh adat, semua adat besar dan lembaga adat. Untuk mendorong soal hutan adat. Kita sudah bertemu dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), beliau menyambut baik hal ini dan akan bekerjasama dengan stakeholder yang ada di Kabupaten Kutim,” ungkap Harpandi.

Sebelumnya, Bupati Ismunandar mengatakan hadirnya DAD Kutim makin membuat Kutim kompak menjalin kekerabatan dalam membangun kabupaten Kutim, semakin maju dalam semangat kebersamaan.

"Saya bersama Wakil Bupati Kasmidi Bulang, telah banyak diamanahi, pejabat eselon II sudah banyak warga Dayak, eselon III juga sudah banyak kemudian camat-camat juga ada. Ini menunjukkan bahwa apresiasi kita dengan warga sesama kita sangat besar," kata Ismunandar.

Bupati Kutim Ismunandar Beri Beasiswa S2 untuk Lulusan STAIS Terbaik

Wabub Kutim Kasmidi Bulang Tegas, TK2D Kasus Narkoba Pasti akan Dipecat

 Jika kebudayaan dan adat istiadat ini terus dijalankan, lanjut Ismunandar, maka pada saat festival HUT Kutim nanti, bisa menampilkan kesenian adat Dayak lebih banyak. Jadi ada satu session khusus kesenian Dayak. Karena jika kita lihat sambung menyambung mulai hulu sampai dengan hilir , dari pesisir hingga pedalaman sehari semalam tidak akan seslesai-selesai," ujar  Ismunandar. (*)

Penulis: Margaret Sarita
Editor: Reza Rasyid Umar
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved