Bupati Malinau Rela Lahannya Dipinjam Buat Garap Sawah Padi

Bupati Yansen siap memindamjan lahan untuk buat sawah di Malinau demi kesejahteraan warga di Malinau, Kalimantan Utara atau Kaltara. Seperti ini dia.

Bupati Malinau Rela Lahannya Dipinjam Buat Garap Sawah Padi
Tribunkaltim.co/Purnomo Susanto
Seorang petani di Malinau mengangkut gabah hasil panen. Tahun 2019, Jalan Tani di 5 kecamatan sekitaran pusat pemerintahan Kabupaten Malinau akan diperbaiki. 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co Purnomo Susanto

TRIBUNKALTIM.CO, MALINAU - Apabila ada penduduk Malinau berniat menjadi petani, Bupati Yansen TP menyatakan, siap meminjamkan lahan pribadi miliknya untuk dipakai petani tersebut.

Bahkan, ia juga menunjuk seluruh pejabat Malinau yang memiliki cukup banyak lahan untuk juga meminjamkan lahannya untuk masyarakat yang ingin bertani.

"Silakan saja, kalau ada masyarakat yang ingin bertani tapi tidak memiliki lahan silahkan datang ke saya, saya akan meminjamkan lahan milik saya untuk dijadikan lokasi pertanian. Tapi, memang harus bersungguh-sungguh. Begitu pula para pejabat yang memiliki cukup banyak lahan. Daripada lahan tersebut tidak digunakan, lebih baik jadi lahan pertanian," paparnya kepada Tribunkaltim.co.

Serius Berbenah Usai Gagal Juara, Ini Pilar Thailand yang Harus Diwaspadai Timnas U-22 Indonesia

Jelang Pemilu, NU Paser Imbau Masyarakat Wujudkan Pemilu Damai

Diringkus Usai Konsumsi Sabu, Sandy Tumiwa: Saya Lagi Galau

Bupati menyebutkan, salah satu kekuatan besar Malinau saat ini adalah pertanian. Terlebih, bidang pertanian saat ini sudah memperlihatkan kemajuan.

Ini juga menjadi tugas berat bagi seluruh PPL Pertanian di Malinau untuk terus meningkatkan lagi bidang ini. Berikan pelayanan kepada para petani, harus dilakukan oleh PPL Pertanian.

"Target kita ini cukup besar. Kita menginginkan, dapat memenuhi kebutuhan pangan Kaltara. Jadi bukan hanya kebutuhan Malinau saja," katanya. 

Oleh karenanya, saya menempatkan bidang pertanian ini sebagai salah satu sentral dan kekuatan besar kita. Jika kita dapat memenuhi kebutuhan pangan Kaltara, maka para petani kita akan sejahtera," tegasnya.

Mimpi Malinau Pasok Beras Buat Tarakan
Geliat pertanian di Malinau semakin hari semakin meyakinkan. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil panen padi di beberapa titik persawahan menunjukkan hasil memuaskan.

Bagaimana tidak, padi sebanyak 7,9 ton dapat dihasilkan dari satu hektare sawah. Dengan demikian, Bupati Malinau Yansen TP menginginkan hasil produksi padi dapat dijual ke luar Malinau.

Halaman
123
Penulis: Purnomo Susanto
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved