347 Peserta Offroad Lewati Tiga Jalur Menuju Air Terjun Semolon Malinau

Kami menyiapkan tiga buah motor dan ratusan doorprize buat seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini.

347 Peserta Offroad Lewati Tiga Jalur Menuju Air Terjun Semolon Malinau
TRIBUN KALTIM / NEVRIANTO HARDI PRASETYO
Ilustrasi: Para goweser yang tampil dalam XC Race 2019 di Sirkuit Bukit Alaya, Minggu (3/3/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO, MALINAU - Sebanyak 347 peserta Bhayangkara Intimung Jeep & Trail Adventure Offroad, Sabtu (2/3), pukul 08.00 dilepas Bupati Yansen TP di Arena Pelangi Intimung, Jalan Pusat Pemerintahan, untuk mengikuti kegiatan yang digagas oleh Polda Kaltara dan IOF.

Bhayangkara Intimung Jeep & Trail Adventure Offroad dikemas dalam kegiatan jelajah alam. Peserta berasal dari berbagai komunitas jeep, trail, sepeda gunung dan sepeda motor.

Agenda ini merupakan rangkaian kegiatan Millenial Road Safety Festifal, yang dicanangkan Presiden Joko Widodo. Tujuannya untuk mensosialisasikan penggunaan kendaraan secara aman. Sekaligus pula, menekan angka kematian karena kecelakaan kendaraan di jalanan. Kapolda Kaltara, Brigjen Pol Indrajit mengungkapkan, setahun 80 ribu pengendara di Indonesia meninggal di jalan.

"Jadi, tujuan kegiatan ini tidak lain dan tidak bukan untuk memberikan pendidikan kepada generasi muda kita yang akrab kita sapa dengan kaum millenial, untuk lebih paham dan mengerti soal pentingnya berkendara secara aman. Seperti, menggunakan seluruh benda-benda standart keamanan dalam berkendara. Sehingga, apabila terjadi kecelakaan akan mengurangi dampak," ujarnya.

"Program ini merupakan perintah langsung dari Pak Presiden. Sebab, sesuai data kecelakaan lalu linta di Indonesia ada 80 ribu pengendara meninggal dalam setahun. Dan 60 persen di antaranya merupakan masyarakat yang berumur produktif, yakni 18-35 tahun. Artinya, kebanyakan korban ini merupakan remaja dan pemuda," lanjutnya.

Bercerita soal kegiatan ini, Kapolres Malinau, AKBP Bestari H Harahap menyatakan, pihaknya telah menyusun kegiatan ini selama kurang lebih dua bulan. Seluruh peserta offroad akan disuguhkan dengan pemandangan alam Bumi Intimung (Sebutan lain Malinau) yang masih memiliki hutan perawan dan alami. Oleh karenanya, panitia pelaksana menetapkan tiga jalur.

"Benar, kita menetapkan tiga jalur. Jalur sepeda pancal sendiri, jalur motor sendiri dan jalur jeep sendiri. Tapi, nantinya semua sampai pada satu tempat tujuan, yakni lokasi wisata air terjun Semolon. Kami juga telah menyiapkan lokasi menginap untuk seluruh peserta di Semolon. Syukur alhamdulillah, pelaksanaan dapat digelar secara lancar dan tanpa adanya sesuatu apapun di jalan," jelasnya.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari dan diikuti komunitas jeep dari Malaysia ini, ungkap Kapolres, bukan semata-mata menjelajah Bumi Intimung. Di Semolon, pihaknya telah menyusun kegiatan-kegiatan yang berisikan sosialisasi keselamatan berkendara dan dibalut dengan kegiatan hiburan, serta pembagian doorprize.

"Kami menyiapkan tiga buah motor dan ratusan doorprize buat seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini. Kami menginginkan, usai pelaksanaan kegiatan ini seluruh peserta dapat menyebarluaskan informasi tentang keselamatan berkendara kepada khalayak ramai. Sehingga, tujuan pelaksanaan rangkaia kegiatan ini dapat tercapai dengan baik," tuturnya. (*)

Penulis: Purnomo Susanto
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved