Advertorial

Deklarasikan Daerah Otonomi Baru (DOB), Ini Kata Para Tokoh Sangkulirang 

Lima kecamatan di wilayah Kabupaten Kutai Timur menggelar acara deklarasi Daerah Otonomi Baru (DOB) Sangkulirang di Gedung Habibie, Desa Benua Baru H

Deklarasikan Daerah Otonomi Baru (DOB), Ini Kata Para Tokoh Sangkulirang 
HO - Tokoh DoB Sangkulirang
Ketua DPW Partai Nasdem Kaltim Harbiansyah Hanafiah (jabat tangan, kiri) turut mendeklarasikan Daerah Otonomi Baru (DOB) Sangkulirang di Gedung Habibie, Desa Benua Baru Hulu, Kecamatan Sangkulirang, Kabupaten Kutai Timur, Kamis (28/2/2019). 

SAMARINDA - Lima kecamatan di wilayah Kabupaten Kutai Timur menggelar acara deklarasi Daerah Otonomi Baru (DOB) Sangkulirang di Gedung Habibie, Desa Benua Baru Hulu, Kecamatan Sangkulirang, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (28/2/2019).

Deklarasi tersebut dihadiri lima camat di Kabupaten Kutai Timur, yaitu Sangkulirang, Karangan, Kaobun, Kaliorang, Karangan dan Sandaran, 44 Badan Permusyawaran Desa (BPD), dan juga puluhan Kepala Desa.

Ketua Pembentukan Kabupaten Sangkulirang, Harbiansyah Hanafiah mengungkapkan perjuangan mewujudkan DOB Sangkulirang memang masih panjang, terlebih adanya moratorium Pemerintah Pusat yang menghentikan sementara usulan berdirinya Kab/ Kota baru di wilayah Indonesia.

Warung Makan Sangkulirang Sajikan Menu Ayam Goreng Kampung Resep Keluarga

Kawasan Karst Sangkulirang Mangkalihat Diperluas, Begini Reaksi Dunia Usaha

Bupati Ismunandar Ajak Warga Sangkulirang Tengok Kampung

"Kami akan berjuang di Pemerintah Pusat, karena wilayah Sangkulirang ini kami yakini punya potensi ekonomi yang lebih bagus jika dibandingkan dengan Kab / Kota pemekaran sebelumnya di Kaltim," kata Harbiansyah Hanafiah.

Ketua DPW Partai Nasdem Kaltim ini merasa tergerak untuk memajukan wilayah Sangkulirang, karena memang leluhurnya berasal dari salah satu kecamatan tertua di Provinsi Kaltim tersebut.

Ia berharap di masa mendatang, Sangkulirang bisa menjadi daerah yang maju, serta masyakaratnya semakin makmur dan sejahtera.

"Ada tiga cita- cita saya yang belum saya wujudkan, pertama terkait pemeliharan Sungai Mahakam, kedua terkait pondok pesantren Hafizd Alquran, dan ketiga mewujudkan Kabupaten Sangkulirang, semoga ketiganya bisa saya penuhi di sisa umur saya ini," ujar Harbiansyah.

Terpisah, Bupati Kutai Timur Ismunandar dan Sekda Kutim, Irawansyah serta sejumlah tokoh asal Sangkulirang seperti H. Roesli Masrun, Harbiansyah Hanafiah, dan Syarifudin DJ turut hadir dalam acara Deklarasi.

Ismunandar mengatakan pihaknya sangat mendukung terwujudnya DOB Sangkulirang. Ia menilai berdasarkan aspek ekonomi, sosial dan juga luasan wilayah, gabungan kecamatan Sangkulirang dan sejumlah Kecamatan lainnya cukup memenuhi syarat untuk memekarkan diri menjadi Kabupaten baru.

KUNJUNGI KARST - Bupati Ismunandar dan istri, Encek UR Firgasih saat mengunjungi Goa Mengkuris di kawasan Karst Sangkulirang Mangkalihat
KUNJUNGI KARST - Bupati Ismunandar dan istri, Encek UR Firgasih saat mengunjungi Goa Mengkuris di kawasan Karst Sangkulirang Mangkalihat (TRIBUN KALTIM/MARGARET SARITA)

"Sangkulirang dan kecamatan lainnya punya segalanya, baik potensi Sumber Daya Manusia maupun sumber daya alamnya, selain punya wilayah perairan yang luas, Sangkulirang dan sekitarnya juga punya perkebunan, pertambangan dan bahkan bahan baku semen, kami yakin dengan berdirinya Kabupaten baru di wilayah ini akan membawa manfaat yang besar bagi masyakat sekitar," kata Ismunandar, Minggu (3/3/2019).

Halaman
123
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved