Kabar dari Kubar

Disnakertrans Kubar Pantau Penerapan Upah Minimum di Sejumlah Perusahaan

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kutai Barat melakukan sosialisasi Upah Minimum Sektor Kabupaten (UMSK) ke perusahaan

Disnakertrans Kubar Pantau Penerapan Upah Minimum di Sejumlah Perusahaan
IST/HUMAS
PERATURAN UMSK - Kepala Disnakertrans Kutai Barat Silan menyerahkan peraturan tentang UMSK Kabupaten Kubar 2019 kepada perwakilan manajemen PT BISM. 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kutai Barat melakukan sosialisasi Upah Minimum Sektor Kabupaten (UMSK) ke perusahaan PT Bina Insan Sukses Mandiri (BISM) Linggang Marimun, Kecamatan Mook Manaar Bulatn, belum lama ini. Seperti diketahui PT BISM adalah perusahaan yang bergerak di bidang tambang batu bara dan memiliki delapan sub kontraktor.

Kepala Disnakertrans Kutai Barat Silan menjelaskan sosialisasi UMSK ke perusahaan sangat penting untuk mengetahui sejauh mana keadaan pekerja dan kondisi perusahaan. Apakah manajemen sudah menerapkan standar pengupahan sesuai UMSK atau belum. "Tahun 2019 Pemkab Kubar beserta perwakilan buruh dan akademisi telah menetapkan UMSK Kutai Barat sektor tambang RP 3.080.000, " katanya.

Lebih lanjut Silan menuturkan Disnakertras akan terus berupaya memantau penerapan upah minimum sektor kabupaten di sejumlah perusahaan dengan peraturan yang berlaku, agar apa yang telah disepakati benar benar di terapkan oleh perusahaan.

Pemkab Kubar Perjuangkan Pemerataan Listrik di Daerah, 80 Kampung Belum Nikmati Listrik PLN

"Perusahaan harus tertib administrasi terutama dalam hal pengupahan sehingga terwujudnya perlindungan terhadap tenaga kerja, selain upah juga memonitoring tentang kepesertaan asuransi kesehatan dan asuransi ketenagakerjaan, apa yang sudah menjadi produk hukum baik asuransi maupun pengupahan harus dilaksanakan perusahaan,"ucapnya.

Menurut Silan pemerintah tidak akan menutup mata dan akan menjadi penengah serta memonitor setiap kegiatan manajemen perusahaan dan pekerja. Diharapkan tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari, karena sosialisasi ini sangat penting untuk diketahui semua pihak yang terlibat dalam perusahaan tersebut.

Silan berharap semua perusahaan di Kubar baik yang beroperasi di bidang pertambangan, perkayuan ataupun perkebunan bisa menerapkan peraturan dengan selalu melihat hak dan kewajiban para pekerja. (hms36)

Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved