Berita Video

VIDEO - Inilah Putra dan Putri Duta Wisata Manuntung Balikpapan 2019 dan Rencananya untuk Pariwisata

Grand Final Pemilihan Duta Wisata Manuntung Balikpapan 2019 digelar di Gedung Kesenian Balikpapan (GKB), Sabtu (2/3/2019) malam.

VIDEO - Inilah Putra dan Putri Duta Wisata Manuntung Balikpapan 2019 dan Rencananya untuk Pariwisata
Tribunkaltim.co/ Aditya Hafidz
Muhammad Dzaky dan Olivia Rikka Seyben keluar sebagai predikat Putra dan Putri Duta Wisata Manuntung Balikpapan 2019 (tengah). 

Laporan wartawan Tribunkaltim.co, Aditya Rahman Hafidz

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Grand Final Pemilihan Duta Wisata Manuntung Balikpapan 2019 gelaran Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan digelar di Gedung Kesenian Balikpapan (GKB)Sabtu (2/3/2019) malam.

Pada malam Grand Final tersebut, sebanyak 24 peserta berhasil menembus babak grand final setelah sebelumnya melalui berbagai tahapan seleksi.

Untuk menentukan Putra dan Putri Duta Wisata Manuntung Balikpapan 2019 tersebut, beberapa juri ditunjuk untuk memberikan pertanyaan pada malam itu, di antaranya:

  • Irma Nurmayanti, Kabid Pariwisata Disporapar Kota Balikpapan
  • Ayi Pratiwi Alimuddin, Desainer
  • Awalsyah Dammara Fajar, Ketua Asosiasi Duta Wisata Indoensia
  • Joko Purwanto, Dewan Pembina ASITA dan
  • Novita Adipati Chandra, Putri Indonesia Kaltim 2016

Suasana di Amphiteater GKB cukup ramai diwarnai dengan sorakan dukungan oleh para pendukung masig-masing finalis untuk memberikan semangat selama pemilihan malam itu berlangsung.

Beberapa peonton kreatif terlihat membawa spanduk dukungan untuk idolanya masing-masing.

Setelah melalui tahapan penilaian cukup panjang, Muhammad Dzaky dan Olivia Rikka Seyben  keluar sebagai predikat Putra dan Putri Duta Wisata Manuntung Balikpapan 2019.

Sementara Putri Pariwisata Duta Manuntung Balikpapan 2019 berhasil diraih oleh Vinka Aprilita Pasimanyeku.

Ditemui usai acara, Muhammad Dzaky selaku Putra Duta Wisata Manuntung Balikpapan 2019 mengaku termotivasi mengikuti pemilihan Duta Wisata Manuntung Balikpapan 2019 untuk melestarikan dan mengembangkan budaya serta mempromosikan lokasi-lokasi pariwisata di Balikpapan.

"Dan yang terakhir mengapa saya mengikuti Duta Wisata ini karena urusan dengan pemerintahan akan mudah dalam menyelesaikan masalah (kepariwisataan) dan membuat event," ujarnya.

Pendaftaran Pemilihan Duta Wisata Berakhir 23 Februari, Hadiah Utama Liburan ke Bromo

Samarinda Targetkan Duta Wisata Masuk Minimal 5 Besar Nasional

Ini Dia Enam Besar Kandidat Duta Wisata Manuntung Balikapan Tahun 2017

Setelah terpilih ini, Dzaky akan sering menggiatkan event skala kecil namun berkelanjutan.

"Contohnya seperti latardasik. Latardasik itu singkatan dari latihan tari dan musik daerah, di mana kita bisa membuat latihan yang di Duta Wisata Manuntung Balikpapan 2019 kita punya yang bisa main Sape'.

Itu no budget at all, jadi kita bisa merangkul anak-anak muda seperti SD dan SMP untuk melatih mereka. Jadi semisal ada wisatawan mancanegara (wisman) datang, anak-anak tadi bisa menyambut wisman tersebut," ujarnya.

Sementara Olivia Rikka Seyben, Putri Duta Wisata Manuntung Balikpapan 2019 mengatakan motivasinya mengikuti pemilihan Duta Wisata Manuntung Balikpapan 2019 untuk mengajak anak muda Balikpapan menggali potensi-potensi yang ada dalam diri mereka dan mengedukasi bahwa pariwisata sangat penting bagi kelangsungan kota.

Olivia mengatakan kedepannya, dirinya akan menggelar event fashion trend yang mengkolaborasikan kulturasi Balikpapan dan kulturasi Western. "Dikenal dengan Batik Balikpapan, ditambahkan tren-tren Western yang saat ini sedang ditarik oleh massa muda saat ini," jelasnya.

Ditemui usai acara, Kepala Disporapar Kota Balikpapan, Oemy Facessly mengatakan dengan terpilihnya para Duta Wisata Manuntung Balikpapan 2019 ini, diharapkan dapat bersinergi dengan Disporapar Kota Balikpapan dalam menggali potensi pariwisata di Balikpapan.

"Ini tugas mereka sebagai garda terdepan kepariwisataan dalam memperkenalkan dan menggali potensi kepariwisataan di Kota Balikpapan," ujar Oemmy.

Sementara Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi berharap agar para Duta Wisata terpilih dapat mempromosikan pariwisata dan dapat menaikkan angka kunjungan wisatawan, dengan keterampilan dan kemampuannya sebagai Duta Wisata ke Balikpapan khususnya dan Kalimantan Timur pada umumnya.

"Kalau Kalimantan Timur termasuk Balikpapan lebih banyak kepada wisata alam, kemudian adventure. Juga bisa menggalakkan Balikpapan sebagai kota Mice (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition)," ujar Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi.

(Djohan Nur)

Follow Instagram tribunkaltim.co

Subscribe official YouTube Tribun Kaltim, klik di sini
Penulis: Aditya Rahman Hafidz
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved