Berita Video

VIDEO - Ada 51 CCTV di Balikpapan, Rencana Penerapan e-Tilang Gunakan CCTV dan Kesiapan Warga

Sistem e-tilang atau tilang elektronik ini nantinya, pelanggar lalu lintas yang terekam kamera CCTV akan mendapatkan surat dari kepolisian.

VIDEO - Ada 51 CCTV di Balikpapan, Rencana Penerapan e-Tilang Gunakan CCTV dan Kesiapan Warga
tribunkaltim.co/djohan nur
Salah satu lampu pengatur lalu lintas yang dilengkapi dengan kamera CCTV. Di Balikpapan, sudah terdapat 51 kamera CCTV yang tersebar di berbagai lokasi. 

 Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Djohan Nur

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN – Jika diperhatikan dengan seksama, di beberapa persimpangan jalan di Kota Balikpapan sudah terdapat kamera CCTV.

Keberadaan kamera CCTV ini nantinya juga dapat membantu penerapan sistem e-tilang.

Sistem e-tilang atau tilang elektronik ini nantinya, pelanggar lalu lintas yang terekam kamera CCTV akan mendapatkan surat dari kepolisian. 

Kamera CCTV ini berada di  Alat Pengatur Isyarat Lalu Lintas (APIL) terdapat tulisan area diawasi CCTV.

Rekaman CCTV Gerombolan Begal Sadis Dilempari Batu oleh Korbannya, Pelaku Berhasil Ditangkap Polisi

Keberadaaan CCTV di lampu pengatur lalu lintas ini bukanlah hal baru di kota Balikpapan, banyak masyarakat yang sudah mengetahui apa fungsinya CCTV  tersebut.

Selain untuk memantau lalu lintas dan tindak kejahatan, CCTV tersebut rencananya akan digunakan untuk penerapan e-tilang yang bernama sistem Electronic Traffic Law Enforcement.

Saat ini metode ini masih diuji coba di beberapa kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, dan Bandung.

Kasat Lantas Polres Balikpapan AKP Noordhianto percaya bahwa Balikpapan dapat menjadi kota yang nantinya dapat dengan cepat menerapkan sistem tersebut, lantaran kota yang belakangan ini menggaungkan konsep Smart City, sangat bersemangat memodernisasi perangkat kota, terutama berkenaan dengan pelayanan publik.

Siapkah warga Balikpapan jika nantinya diberlakukan?

Salah satu lokasi kamera CCTV yang terletak di persimpangan Jalan Syarifuddin Yoes - Marsma Iswahyudi di Kota Balikpapan.
Salah satu lokasi kamera CCTV yang terletak di persimpangan Jalan Syarifuddin Yoes - Marsma Iswahyudi di Kota Balikpapan. (tribunkaltim.co/djohan nur)
Halaman
1234
Penulis: Djohan Nur
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved