Berita Pemkab Kutai Barat

Pemkab Kubar Targetkan Nilai LHE SAKIP 2019 Raih Predikat B

Pemkab Kutai Barat (Kubar) menargetkan nilai laporan hasil evaluasi (LHE) Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) pada 2019

Pemkab Kubar Targetkan Nilai LHE SAKIP 2019 Raih Predikat B
IST/HUMAS
BERI MOTIVASI - Bupati Kubar FX Yapan didampingi Wabup Edyanto Arkan memberikan motivasi kepada para Asisten, kepala PD dan jajarannya pada rapat pembahasan persiapan pendampingan penguatan SAKIP Pemkab Kubar di Ruang Koordinasi Lantai 3 Kantor Setkab Kubar. 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR - Pemkab Kutai Barat (Kubar) menargetkan nilai laporan hasil evaluasi (LHE) Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) pada 2019 meraih predikat B. Bupati Kubar FX Yapan mengatakan untuk mendapatkannya tentu banyak hal yang harus diperbaiki. Diantaranya, mengubah mindset atau pola pikir dan etos kerjanya.

Kalau etos kerja tidak ada, pastinya inisiatif pun tidak ada. "Saya yakin dan percaya kepala perangkat daerah (PD) mampu melaksanakan ini semua," kata Bupati, pada rapat pembahasan persiapan untuk pendampingan penguatan SAKIP Pemkab Kubar oleh Kemenpan RB di Ruang Koordinasi Lantai 3 Kantor Setkab Kubar, Senin (4/3).

Mendukung hal ini, perlu ditingkatkan koordinasi dan komunikasi antara atasan dan bawahan. Menjadi pimpinan di PD diharapkan memahami benar apa yang menjadi ranah tugasnya, rutin memonitor bahkan lakukan komunikasi yang intens dengan mendatangi dan melihat secara riil pelaksanaan program kerja yang ada di unitnya.

Hadiri Pelantikan Pengurus KKSS Kubar, Bupati Minta Masyarakat Pertahankan Kondusitivitas

"Dengan aktif berkomunimasi tentu akan tergali informasi, data-data bahkan secara peka dan analitis dapat diketahui akar permasalahan yang ada dan segera dicarikan segera solusinya," kata Bupati.

Wabup Kubar Edyanto Arkan menambahkan esensi utama dari SAKIP adalah mengukur secara objektif, apakah program dan kegiatan yang dilakukan pemerintah daerah telah terkoneksi dengan visi dan misi daerah.

"Jika semua program kegiatan perangkat daerah terkoneksi rapi dengan visi dan misi daerah melalui SAKIP sebagai alat ukurnya, maka tujuan pemerintah secara umum. Yaitu, meningkatkan kesejahteraan rakyat akan terwujud. Itulah super golnya,"katanya.

Golnya, ada dalam visi Kubar yakni, terwujudnya Kubar yang semakin adil, mandiri dan sejahtera berlandaskan ekonomi kerakyatan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Gerindra Tanggapi Jawaban Cinta Laura saat TKN Bandingkan Skill Bahasa Inggrisnya dengan Prabowo

"Jadi kepala PD harus bertanggungjawab terhadap penjabaran visi dan misi tersebut. Tidak hanya terukur pada penyerapan anggaran saja. Tetapi bagaimana kinerja PD itu, bisa merealisasikan visi dan misi itu,"imbaunya. (hms6)

Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved