Bupati Berau Perintahkan Disdukcapil Pastikan Masyarakat Terlayani Administrasi Kependudukan

Bupati Berau Perintahkan Disdukcapil Pastikan Masyarakat Terlayani Administrasi Kependudukan

Bupati Berau Perintahkan Disdukcapil Pastikan Masyarakat Terlayani Administrasi Kependudukan
TRIBUN KALTIM / GEAFRY NECOLSEN
Disdukcapil Berau ditargetkan merampungkan perekaman KTP elektronik hingga tahun 2020 mendatang. Selain KTP elektronik, Disdukcapil juga diminta untuk memaksimalkan layanan KIA. 

Bupati Berau Perintahkan Disdukcapil Pastikan Masyarakat Terlayani Administrasi Kependudukan

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Bupati Berau, Muharram, meminta agar Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk memberikan pelayanan maksimal.

Pasalnya, tertib administrasi kependudukan merupakan program pemerintah, di sisi lain pelayanan administrasi kependudukan adalah hak masyarakat yang harus dipenuhi.

Karena itu, dirinya menginstruksikan agar Disdukcapil membuat terobosan dalam pelayanan ini, untuk memastikan masyarakat terlayani dengan baik.

Muharram menargetkan, tahun 2020 mendatang, seluruh masyarakat telah terekam KTP elektronik. Karena itu, Disdukcapil juga diminta mempermudah dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. “Berikan kemudahan masyarakat, kita harus memastikan masyarakat mendapat pelayanan administrasi kependudukan. Termasuk dalam pengurusan akte kelahiran dan KIA (Kartu Identitas Anak)," tegasnya.

Disdukcapil Kabupaten Berau hingga saat ini masih menjalankam program jemput bola, mendatangi warga yangbjauh dari perkotaan untuk melakukan perekaman KTP elektronik maupun pelayanan administrasi kependudukan lainnya.

Kepala Disdukcapil Berau, David Pamudji, menyampaikan, pada awal tahun hingga 28 Februari 2019, lebih dari 3.600 KTP elektronik yang telah tercetak dan diserahkan kepada masyarakat yang telah melakulan perekaman dari tahun 2018. Sementara yang baru melakukan perekaman secara bertahap juga sudah mulai dilakukan pencetakan dan diserahkan kepada masyarakat.

Selain pencetakan KTP elektronik, Disdukcapil Berau juga mulai menerbitkan KIA. Dari total penduduk berusia dibawah 17 tahun, kurang lebih 60 ribu jiwa yang berhak mendapat KIA.

Saat ini baru tercetak sekitar 3 ribu KIA dan masih terus berlanjut. “Untuk KIA baru dimulai di tahun 2019 ini dan sudah tercetak sekitar 3 ribu KIA,” ungkapnya.

Sementara perekaman KTP elektronik, menurut David, mencapai kurang lebih 93 persen dari penduduk wajib KTP. Capaian ini diluar dari dinamika penduduk yang pindah maupun penduduk datang ke Kabupaten Berau.

Sementara yang belum melakukan perekaman dijelaskannya adalah rata-rata penduduk yang tinggal di daerah terjauh maupun yang masih terbatas informasi, serta penduduk yang belum bisa melengkapi dokumen pendukung.

Untuk memaksimal perekaman KTP elektronik ini, Disdukcapil telah melaksanakan program jemput bola ke kecamatan dan kampung termasuk bekerjasama dengan jajaran kecamatan dalam pelayanan perekaman. “Ini target kita yang terus kami maksimalkan agar pada tahun ini sudah bisa terekam semua dan bertahap dilakukan pencetakan KTP,” jelasnya.(*)

Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Reza Rasyid Umar
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved