Berita dari Kubar

Kemenag Kubar Rekrut Petugas Haji, 5 Peserta Lolos ke Tingkat Provinsi Kaltim

Sebanyak 13 pegawai di lingkungan Kantor Kementerian Agama RI Kabupaten Kutai Barat (Kubar) mengikuti tes rekrutmen petugas haji.

Kemenag Kubar Rekrut Petugas Haji, 5 Peserta Lolos ke Tingkat Provinsi Kaltim
IST/HUMAS
TES PETUGAS HAJI - Sebanyak 13 pegawai di lingkungan Kantor Kemenag Kutai Barat mengikuti tes rekrutmen petugas haji. Lima peserta dinyatakan lolos dan mengikuti tahap berikutnya tingkat Provinsi Kaltim. 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR - Sebanyak 13 pegawai di lingkungan Kantor Kementerian Agama RI Kabupaten Kutai Barat (Kubar) mengikuti tes rekrutmen petugas haji. Peserta yang dinyatakan lolos akan mengikuti tahap berikutnya tingkat Provinsi Kaltim.

Ada lima pegawai dinyatakan lolos dan mengikutin tahap lanjutan. Mereka adalah H Arukin, S.Ag (Kepala KUA Muara Lawa) dan Jasirin (Plt. Kepala KUA Barong Tongkok). Bidang yang diikuti sebagai Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI).

Untuk petugas Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) H Jalimuddin, S.Ag, MPd (guru MTsN Kubar) lolos seorang diri dengan raihan skor 40,6.

Lantik Pengurus Lembaga Adat di Tering, Bupati Minta Peran Lembaga Adat Dioptimalkan

Sementara bidang lainnya Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, dua orang berkesempatan mengikuti tes di Kantor Wilayah Kemenag RI Kaltim adalah Ummi Salamah, S.Sos (MTsN Kubar) dan Muhammad Rapik, S.HI (staf TU Kemenag Kubar), dan bertugas untuk non kloter pada pelaksanaan haji tahun 1440 H/2019 M.

Kepala Kantor Kemenag RI Kubar H Muhammad Isnaini, membuka langsung kegiatan ini didampingi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) H Zulkifli. Muhammad Isnaini sangat berharap di antara pegawainya yang mengikuti tes dapat lolos hingga tahap akhir pelaksanaan.

Dijelaskan, tes tahap dua menggunakan metode CAT (computer assited test). Bagi mereka lolos akan di berikan bimbingan teknik penggerjaan menggunakan HP berbasis android.

"Semoga saja ada jajaran pegawai di lingkungan Kemenag Kubar yang lolos pada perekrutan tahun ini dan dapat menjalankan tugas pendampingan jamaah haji 1440 H/2019M dengan baik," ujarnya.

5 Sosok Penting Dibalik Misteri Supersemar, Soekarno Tegaskan Bukan Transfer Kekuasaan

Sementara itu PHU H Zulkifli menambahkan, rekrutmen petugas haji dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Petugas haji disiapkan pemerintah RI untuk mendampingan jamaah, agar ibadahnya berjalan dengan lancar dan baik.

Seperti diketahui dalam aturan perekrutan peserta minimal mengabdi sebagai ASN selama 7 tahun. Untuk TPIH dan TPIHI diutamakan mereka yang pernah menunaikan haji, namun yang belum masih bisa diikutsertakan. Syarat lainnya sehat jasmani serta memiliki jenjang pendidikan minimal S1. Tentu mereka yang mengikuti tes telah melalui beberapa persyaratan tersebut. (hms36)

Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved