Advertorial

Dibantu Pertamina EP Sangatta Field dan Balai TNK, Pelajar SMPN 2 Sangatta Selatan bisa UNBK

Apa yang dilakukan PT Pertamina EP Sangatta Field dan Balai TNK bisa juga diikuti stakeholder lain yang beroperasi di Kutim.

Dibantu Pertamina EP Sangatta Field dan Balai TNK, Pelajar SMPN 2 Sangatta Selatan bisa UNBK
Kominfo Perstik Kutim
Bupati Ir H Ismunandar MT saat menerima secara simbolis bantuan sarana laboratorium komputer hasil kolaborasi PT Pertamina EP Sangatta Field dan Balai TNK. 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA - Akhirnya, SMP Negeri 2 Sangatta Selatan bisa menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), tahun ini. Karena, baru saja mendapat bantuan sarana laboratorium komputer dari PT Pertamina EP Sangatta Field bekerja sama dengan Balai Taman Nasional Kutai (TNK).

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh GM Pertamina EP Aset 5, Irwan Zuhri pada Bupati Kutim Ir H Ismunandar MT yang selanjutnya diserahkan pada Plt Kadis Pendidikan, DR Roma Malau di halaman SMPN2 Sangatta Selatan, Senin (11/2/2019).

Dengan bantuan laboratorium yang dilengkapi 20 unit komputer dan alat tayang, SMPN 2 Sangsel bisa menggelar UNBK untuk pertama kalinya. Selain dimaksimalkan sebagai pusat pembelajaran masyarakat dalam pengembangan kemampuan teknologi informatika komputer.

"Saat ini, semua serba komputer. Kabupaten Kutim juga tengah membangun program smart city. Saat ini, diupayakan untuk Kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan dulu. Ke depan, akan meluas hingga ke seluruh kecamatan se Kutim. Bantuan ini, diharap tidak hanya digunakan untuk UNBK tapi juga pembelajaran masyarakat sekitar tentang penggunaan perangkat komputer," kata Ismunandar.

Apalagi, lanjut Ismunandar, Kutim masih kekurangan Sarjana Informatika dan Komputer untuk mendukung Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfo Perstik). "Jadi dengan adanya bantuan ini, diharapkan muncul generasi muda yang mampu bergerak dibidang Teknologi dan Informasi (TI)," ujar Ismunandar.

Ia juga berharap, apa yang dilakukan PT Pertamina EP Sangatta Field dan Balai TNK bisa juga diikuti stakeholder lain yang beroperasi di Kutim. Untuk memberikan CSR dengan sesuatu yang benar-benar bermanfaat dan dimanfaatkan masyarakat luas. "Membangun Kutim di bidang pendidikan, dengan ikut bersama-sama mencerdaskan anak bangsa dan menciptakan generasi yang mumpuni di segala bidang," kata Ismunandar.

Sebelumnya, GM Pertamina EP Aset 5 Irwan Zuhri mengatakan pemberian sarana laboratorium lengkap dengan pendukungnya merupakan bukti komitmen perusahaan dalam upaya mencerdaskan siswa siswi dan masyarakat. Usulan penyediaan sarana pembelajaran yang disebut pusat pembelajaran masyarakat dalam pengembangkan kemampuan teknologi informatika komputer disetujui SKK Migas, langsung direalisasikan di SMPN 2 Sangatta Selatan.

"Nantinya, laboratorium komputer dapat dimanfaatkan seluruh sekolah dasar, sekolah menengah, pusat kegiatan belajar mengajar (PKBM) dan masyarakat. Sekolah dapat mengaktifkan ekstrakurikuler Teknologi Informatika Komputer, dan pelatihan lainnya yang membutuhkan perangkat komputer," ungkap Irwan.

PT Pertamina, menurut Irwan, berharap sumbasih yang diberikan mampu meningkatkan kompetensi para generasi muda di Sangatta Selatan. Sehingga menjadi pribadi yang sehat, berwawasan luas dan mampu berkontribusi nyata dalam membangun Kecamatan Sangatta Selatan, bahkan Kabupaten Kutai Timur ke depan.(Kominfo Perstik Kutim)

Editor: Fransina Luhukay
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved