Prajurit Lanal Balikpapan Gelar Simulasi Mengatasi Anti Huru-hara dan Anti Teror

Prajurit Lanal Balikpapan Gelar Simulasi Mengatasi Anti Huru-hara dan Anti Teror

Prajurit Lanal Balikpapan Gelar Simulasi Mengatasi Anti Huru-hara dan Anti Teror
TRIBUN KALTIM / FACHMI RACHMAN
Personel TNI AL memeriksa kondisi salah satu teroris yang menyerbu Mako Lanal Balikpapan, Rabu (13/3). Hal ini merupakan salah satu adegan simulasi TNI AL Balikpapan dalam mengatasi aksi huru hara dan latihan antiteror. 

Prajurit Lanal Balikpapan Gelar Simulasi Mengatasi Anti Huru-hara dan Anti Teror

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pangkalan TNI AL (Lanal) Balikpapan menggelar simulasi anti huru hara dan penanganan teror di Lanal Balikpapan, Rabu (13/3/2019).

Kegiatan dimulai pukul 08.00 wita dengan aksi demo dari puluhan nelayan yang mendatangi Mako Lanal Balikpapan yang tidak terima dengan tindakan penegakan hukum yang dilakukan aparat dari Lanal Balikpapan yang menyita seluruh alat tangkap nelayan yang dinilai melanggar aturan telah dilarang oleh pemerintah.

Palaksa Lanal Balikpapan, Mayor Laut (P) Khairul Anwar menjelaskan, kegiatan tersebut sebagai upaya antisipasi dalam kondisi darurat sehingga seluruh prajurit dapat memahami apa yang harus dilakukan jika berada dalam kondisi genting tersebut. Selain itu, ucap Khairul, melalui kegiatan ini juga dirinya berharap dapat meningkatkan rasa soliditas antar prajurit dalam mengamankan wilayah NKRI. "Dengan simulasi ini saya lihat para prajurit cukup solid dan total dalam perannya, sehingga dapat terasa realitanya, karena seluruh prajurit serius menjalaninya," ujarnya pada Tribun Kaltim, Rabu (13/3/2019).

Usai aksi demo para nelayan, simulasi dilanjutkan dengan penanganan teror dari tiga orang bersenjata yang menyerang Mako Lanal Balikpapan. Dengan sigap, prajurit Lanal dibantu personel Brimob Polda Kaltim berhasil melumpuhkan seluruh peneror tersebut dan berhasil menggagalkan upaya peledakan bom di Mako Lanal Balikpapan.

Khairul menambahkan, dalam kegiatan simulasi ini juga dibantu oleh beberapa jajaran instansi terkait, serta bantuan dari jajaran Brimob Polda Kaltim. Dirinya senang dan bangga melihat antusias para prajurit dalam mengikuti kegiatan tersebut. "Untuk penanganan teror, kita dibantu dari kepolisian," pungkasnya.(*)

Penulis: Aris Joni
Editor: Reza Rasyid Umar
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved