Berita dari Kubar

Pemkab Kubar dan PPU Sepakat Bangun Jalan 60 KM, Ini Anggaran Tahap Pertama yang Disiapkan

Warga Kutai Barat (Kubar), khususnya wilayah Kecamatan Bongan akan menikmati jalan yang menghubungkan antara Kubar dan PPU.

Pemkab Kubar dan PPU Sepakat Bangun Jalan 60 KM, Ini Anggaran Tahap Pertama yang Disiapkan
IST/HUMAS
KESEPAKATAN - Gubernur Kaltim Isran Noor didampingi Bupati Kubar FX Yapan, Bupati PPU Abdul Gafur Mas'ud, dan Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah usai penandatangan kesepakatan bersama antara Pemkab PPU dan Pemkab Kubar tentang Pembangunan Antardaerah. 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Warga Kutai Barat (Kubar), khususnya wilayah Kecamatan Bongan akan menikmati jalan yang menghubungkan antara Kabupaten Kubar dan Penajam Paser Utara (PPU). Badan jalan lintas kabupaten tersebut akan segera direalisasikan pada 2019 ini.

Hal ini dikatakan Bupati Kubar FX Yapan usai pendatanganan draft kesepakatan bersama, antara Pemkab PPU dan Pemkab Kubar tentang Pembangunan Antardaerah saat seusai perayaan HUT Kabupaten PPU di Halaman Kantor Bupati PPU, Senin (11/3).

Untuk pembangunan infrastruktur jalan, sesuai kesepakatan kedua daerah (Kubar-PPU) secara bersama membangun dari kabupaten nya masing-masing. Hingga tapal batas kedua kabupaten tersebut. "Semoga program pembangunan jalan ini lancar dan tidak ada kendala," ucap Bupati FX Yapan.

PT TMU Bantu Fasilitas Pendidikan dan Insentif Guru, Peduli Mencerdaskan Anak Sejak Usia Dini

Bupati menambahkan, pembangunan badan jalan dari Kubar sampai batas Kubar-PPU dengan jarak sekitar 60 Kilometer. Rencana akan di rigid (beton bertulang). Sedangkan pembangunan tahap awal pada 2019 ini, Pemkab Kubar sudah mengganggarkan sekitar Rp 30 miliar.

"Pembangunannya pun secara bertahap. Itu dikarenakan anggaran Kubar terbatas. Mudahan pembangunan jalan ini, mendapat bantuan dari pemerintah pusat dan provinsi Kaltim," harapnya.

Begitu juga dengan terbangunnya infrastruktur tersebut tentu akan membantu konektivitas antardaerah di Kaltim. Jadi, masyarakat Kubar maupun PPU bisa saling terhubung. Bahkan, menuju Kota Balikpapan dari Kubar bisa lebih mudah dan cepat.

Pria Penembak Jemaah di Rumah Ibadah Terungkap, Dikabarkan Lakukan Penembakan Sembari Live Streaming

Selain itu, terbukanya jalan ini, pastinya akan mewujudkan masyarakat Kubar hari esok lebih baik daripada hari ini. Contohnya, produktivitas antarkampung akan meningkat. Seperti, beberapa kampung di wilayah Kecamatan Bongan. Di antaranya, kampung Tanjung Soke, Pering Talik dan Gerunggung.

Berikutnya, pemasangan jaringan listrik pun di lintasi jalan tersebut akan terbantu."Karena selama ini, kami melihat kampung tersebut masih belum menikmatin listrik. Inilah yang menjadi perhatian Pemkab Kubar,"ucapnya.

Terpisah, Anggota DPRD Kubar Ellyson mengatakan pembangunan jalan bagian dari trans Kalimantan, yakni antara Kabupaten Kubar dan PPU sangat didukung. Karena membuka isolasi, dan percepatan perkembangan ekonomi daerah-daerah yang akan dilalui. Sehingga meningkatkan pertumbuhan perekonomian Kubar, khususnya.

Kuota Produksi Batu Bara Dipangkas 50 Persen, Banyak Tambang di Kaltim Terancam Tutup

Terbukanya jalan ini, jauh lebih dekat. Ketimbang ruas jalan yang ada selama ini, rute Kubar-Kukar-Samarinda-Balikpapan-PPU.

"Bayangkan jika kondisi jalan ini mulus, hanya cukup dengan waktu sekitar 3-4 jam. Selama ini perjalanan memutar 12 jam yakni Kubar-Kukar-Samarinda-Balikpapan-PPU,"kata Ellyson. (ADV/hms6/naw)

Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved