Tribun Wiki

Tujuh Fakta Sejarah Kota Bontang, Berawal dari Utang hingga 10 Penghargaan Adipura

Dikutip dari laman resmi Pemerintah Kota Bontang. Bahwa sejarah Kota Bontang berasal dari Bon atau Bond yang artinya kumpulan.

Tujuh Fakta Sejarah Kota Bontang, Berawal dari Utang hingga 10 Penghargaan Adipura
Tribunkaltim.co/ Fachmi Rachman
Suasana pusat Kota Bontang 

TRIBUNKALTIM.COKota Bontang merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Kalimantan.

Belum banyak mengetahui apa arti nama Bontang itu sendiri. Sebagai pendatang atau wisatawan pasti bertanya-tanya asal mula Kota Bontang.

Dikutip dari laman resmi Pemerintah Kota Bontang. Bahwa sejarah Kota Bontang berasal dari Bon atau Bond yang artinya kumpulan sedangkan Tang artinya pendatang.

Kota Bontang terbentuk pada 12 Oktober 1999.

Live Streaming PSS Sleman vs Persija Jakarta, Malam Ini Pukul 19.30 Wita Tonton di smartphone

Kangen Minuman Khas Pulau Dewata? Ini Resep Membuat Es Tambring Khas Bali

Kedatangan Investor Tiongkok, Ini yang Akan Dilakukan di Kaltim

Berikut Tribun Wiki merangkum tujuh fakta sejarah Kota Bontang :

1.Berawal dari Sultan Kutai bernama Aji Pao

Dari cerita mulut ke mulut ada seorang kerabat Sultan Kutai yang bernama Aji Pao, dengan bekal tekad dan semangat beliau berjalan ditemani beberapa orang kepercayaannya untuk mencari tempat yang dapat dijadikan sebagai lahan berkebun,berburu dan sekaligus tempat tinggal baru untuk pengikutnya.

Banyaklah sudah bukit yang di daki,curah yang di turuni,dari tanjung ke tanjung dan akhirnya sampailah rombongan Aji Pao di suatu tempat, yang ternyata daerah itu di jaga oleh jin yang bergelar SANG, yaitu SANG ATTAK sebagai penjaga anak sungai Api-Api yang disebut Sanggata.

Kedua adalah SANG KIMA, penjaga aliran anak sungai Sangkima. Ketiga adalah SANG ANTAN yang juga menjaga daerah aliran anak sungai api-api yang sekarang disebut Santan.

Lalu Aji Pao minta kepada ketiga Sang agar tempat itu dijadikan daerah pemukiman dan sekaligus untuk lahan berkebun,berburu dan tempat mengelola hasil hutan. Ketiga Sang itu akhirnya bersedia mengabulkan permintaan Aji Pao, dan bahkan menjanjikan untuk ikut mmenjaga keamanan dan keselamatan beliau beserta keluarga dan pengikutnya.

2.Lahan yang subur dan hasil hutan yang melimpah

Halaman
1234
Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Anjas Pratama
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved