Berita Video

VIDEO Pemuda Kaltara Unboxing Motor setelah Terjaring Operasi Patuh Pajak, Ini Sanksi tak Bayar PKB

BPPRD Kalimantan Utara belum dapat kabar resmi dari Samsat Tana Tidung terkait video viral Unboxing Motor di Sesayap, Tana Tidung, Kaltara

VIDEO Pemuda Kaltara Unboxing Motor setelah Terjaring Operasi Patuh Pajak, Ini Sanksi tak Bayar PKB
Facebook News Lambe
Video pemuda yang ngamuk dan unboxing motornya di Kaltara 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kalimantan Utara belum mendapatkan kabar resmi dari Samsat Tana Tidung terkait video viral 'Unboxing Motor' di Kecamatan Sesayap, Tana Tidung, Kaltara.

Video pemuda di Kaltara unboing motor menjadi viral.

Pemuda tersebut unboxing motor setelah Samsat menggelar operasi kepatatuhan pajak bekerja sama dengan Polsek Sesayap, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Tana Tidung, Kamis (14/3/2019).

Namun, Kepala Bidang Pajak BPPRD Kalimantan Utara Imam Pratikno membenarkan adanya operasi kepatuhan pajak yang dilaksanakan oleh Samsat Tana Tidung.

Kronologi Pemuda yang Ngamuk dan Unboxing Motor di Kaltara, Kejadian saat Operasi Patuh Pajak

Menurut Imam, kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang dilakukan oleh Samsat dalam rangka meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari jenis Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

"Memang, PKB kalau sudah jatuh tempo dan masanya habis, otomatis kena sanksi denda. Yang viral di medsos itu besar kemungkinan STNK-nya mati.

Kami belum dapat kabar resmi. UPTD Samsat di sana belum ada laporan ke kita" kata Imam saat disua Tribunkaltim.co, Jumat (15/3/2019) di ruang kerjanya.

Imam menjelaskan, berdasarkan Pasal 17 ayat (1) Peraturan Gubernur Kalimantan Utara Nomor 53 Tahun 2017 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pemungutan PKB, bahwa Gubernur atau Kepala BPPRD dapat menerbitkan Surat Tagihan Pajak Daerah (STPD) jika:

a. PKB dalam tahun berjalan tidak atau kurang dibayar
b. Wajib pajak dikenakan sanksi administratif berupa bunga dan/atau denda.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved