Potensi Kepiting di Kaltara 2.196 Ton, Pemprov Minta Pengecualian Substansi Peraturan

Potensi kepiting di Kalimantan Utara masih sangat menjanjikan. Karena itu minta pengecualian Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 56 th 2016

Potensi Kepiting di Kaltara 2.196 Ton, Pemprov Minta Pengecualian Substansi Peraturan
TRIBUN KALTIM/MUSTARNO
Grafis - Jenis-jenis kepiting bertelur 

Laporan wartawan Tribunkaltim.co Muhammad Arfan

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Potensi kepiting di Kalimantan Utara masih sangat menjanjikan. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kalimantan Utara Amir Bakry menjelaskan, ada 180 ribu hektare mangrove sebagai habitat kepiting. Lalu didukung 149 ribu hektare areal budidaya.

Di Kalimantan Utara sedikitnya 182 pulau menjadi habitat kepiting. Amir mengatakan, tidak salah budidaya dan penangkapan kepiting menjadi primadona masyarakat dan daerah.

"Potensi kepiting kita melimpah. Asumsinya 2.196 ton per tahun. Tetapi sampai saat ini belum bisa kita manfaatkan maksimal. Baru sekitar 1.768 ton," kata Amir Bakry dalam Respons Kaltara di Kedai 99 Tanjung Selor, Selasa (19/3/2019).

Potensi kepiting yang masih tinggi itulah, Pemprov Kalimantan Utara akan mengusulkan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan, agar penangkapan kepiting di Kalimantan Utara mendapatkan perlakuan khusus.

"Artinya kita ada pengecualian dari Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 56 Tahun 2016," ujarnya.

Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 56 Tahun 2016 mengatur tentang pelarangan penangkapan dan atau pengeluaran lobster, kepiting, dan rajungan dari wilayah Republik Indonesia.

Justru penangkapan kepiting di Kalimantan Utara, perlu ditingkatkan demi kesejahteraan masyarakat dan tumbuhnya perekonomian dari sektor usaha perikanan kelautan.

"Kita juga bisa tarik retribusi dari perdagangan ekspor impor. Selama ini kita belum dapat apa-apa," ujarnya.

Amir mengatakan, Gubernur Kalimantan Utara tidak memiliki wewenang untuk merevisi aturan tersebut sebagai mana tuntutan petambak/penangkap kepiting di Kalimantan Utara.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved