Pilpres 2019

Jokowi Pamer Keberhasilan di Kaltim, Tol Balikpapan-Samarinda Selesai Akhir Tahun

Capres nomor urut 01 Pilpres 2019, Joko Widodo pamer keberhasilan di hadapan ribuan pendukungnya di Kota Balikpapan.

Jokowi Pamer Keberhasilan di Kaltim, Tol Balikpapan-Samarinda Selesai Akhir Tahun
Tribunkaltim.co/ Fachmi Rachman
Capres Joko Widodo saat berada di Kota Balikpapan, Kamis (28/3/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Capres nomor urut 01 Pilpres 2019, Joko Widodo pamer keberhasilan di hadapan ribuan pendukungnya di Kota Balikpapan

Terutama soal pembangunan infrastruktur di Kalimantan Timur. Di antaranya pembangunan jalan tol dan bendungan di Kalimantan Timur.

"Jalan tol Balikpapan-Samarinda, sudah belum?Ya, belum, saya tahu itu. Saya pantau, kok, setiap hari," kata Jokowi sapaan akrabnya berkelakar disambut seruan ribuan pendukungnya, Kamis (28/3/2019) di BSCC Dome Balikpapan. 

Persija Jakarta vs Kalteng Putra, Tonton via Ponsel Live Streaming Indosiar di Piala Presiden 2019

Kampanye Terbuka di Balikpapan, Jokowi Diserbu Kamera Ponsel Pendukungnya

Ingin Mobil Baru? Berikut Alamat Dealer Suzuki Lengkap dengan Penjualan Spare Part di Balikpapan

Lebih lanjut, Jokowi meyakinkan jalan tol Balikpapan-Samarinda bakal rampung pada akhir tahun 2019. Bahkan ia menyebut progres penyelesaian infranstruktur hanya tinggal 20 persen.

"Tinggal 20 persen, dan akan saya seleaaikan akhir tahun ini. Balikpapan-Samrinda jadi 99 kilometer, biasanya ditempuh 3 jam, nanti kalau jalan ini jadi, 1 jam," ungkapnya.

Tak sampai di situ, calon petahana ini juga mengatakan pembangunan infranstruktur tak berhenti sampai di Samarinda-Balikpapan. Jalan tol tersebut akan tembus hingga kota Bontang, janji Jokowi di periode kedua.

"Setelah Balikpapan-Samarinda akan dinaikkan sampai ke Bontang," ujarnya.

Selain tol, keberhasilan proyek infranstruktur berupa bendungan juga disampaikan Jokowi. Dua bendungan di Kaltim, yakni Teritip dan Muarang Kayu berhasil dibangun untuk mengatasi persoalan ketersedian air bersih di Kaltim.

"Bendungan Teritip (Balikpapan) selesai, bendungan Marangkayu (Kukar), dan bendungan di Kalsel. Dalam waktu 4,5 tahun dibangun 3 bendungan," ungkapnya.

Ini yang Membuat Pelaku Industri Wisata Thailand Terkesan dengan Samarinda

Park Chaeyoung alias Rose Jadi Member Terakhir Tampil di Poster Teaser Jelang Comeback BLACKPINK

Link Daftar Lowongan Kerja BUMN Perum Perumnas, Buka 6 Posisi Deadline 1 April 2019

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Tohir mengungkapkan, Jokowi berkomitmen merawat persatuan dan kebangsaan dengan pembangunan yang merata dan berkeadilan.

"Dahulu kita mengenal istilah Jawa-sentris, yaitu sebagian besar pembangunan hanya dilakukan di Pulau Jawa. Sedangkan wilayah-wilayah lain ketinggalan. Sekarang Jokowi menggunakan paradigma Indonesia-sentris, kita membangun infrastruktur sampai ke pelosok nusantara,” ujarnya.

Salah satu proyek infrastruktur yang sedang dikerjakan pemerintahan Jokowi adalah Jalan Tol Balikpapan-Samarinda.

“Kita bersyukur, tol pertama di Kalimantan yakni rute Balikpapan-Samarinda akan beroperasi tahun 2019 ini. Masyarakat bisa memanfaatkan untuk transportasi orang maupun logistik yang lebih efisien, dengan demikian ekonomi di Kalimantan akan meningkat,” kata Erick.

Calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo, hari ini berkampanye di hadapan para relawan, pendukung, dan partai politik di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (28/03/2019).
Calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo, hari ini berkampanye di hadapan para relawan, pendukung, dan partai politik di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (28/03/2019). (TRIBUN KALTIM/ARIS JONI)

Jalan tol ini memiliki panjang 99 kilometer dan terdiri dari 5 seksi. Kemajuan pekerjaan telah mencapai 85,7 persen per 17 Februari 2019. Proyek ini dimulai pada 2010. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan dimulainya pembangunan.

Namun pada 2012 proyek ini terhenti karena masalah pendanaan dan harga lahan semakin mahal. Proyek ini kemudian dilanjutkan pada November 2015. Jokowi meninjau langsung pada Maret 2016. (*) 

Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Anjas Pratama
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved