Menhub Bikin Aturan Baru Turunkan Tarif Semua Maskapai Penerbangan, Dirilis Jumat Ini

sebelumnya pemerintah sudah sering mengimbau operator penerbangan untuk menurunkan tarifnya, karena tarif yang ada saat ini berdampak pada semuanya

Menhub Bikin Aturan Baru Turunkan Tarif Semua Maskapai Penerbangan, Dirilis Jumat Ini
Kompas.com
Ilsustrasi harga tiket pesawat sempat meroket pasca Natal 2018. Kini seluruh maskapai penerbangan sepakat kembali menurunkannya hingga 60 persen di berbagai rute tujua domestik. 

Menhub Bikin Aturan Baru Turunkan Tarif Semua Maskapai Penerbangan, Dirilis Jumat Ini

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi akan melansir peraturan baru terkait tarif maskapai penerbangan. Beleid tersebut akan dikeluarkan rencana umat (29/3) hari ini.

"Hari ini kita finalisasi besok Insya Allah kalau sudah selesai kita akan rilis besok (Jumat hari ini, red)," katanya di Jakarta, Kamis (28/3). Ia mengatakan, beleid ini merupakan aturan yang benar-benar baru.

Atas hal ini, pihaknya mengklaim sudah berdiskusi dengan para perusahaan maskapai. Kementerian Perhubungan (Kemhub) ingin mengatur tarif maskapai yang saat ini masih terbilang tinggi dapat di turunkan sehingga terjangkau masyarakat.

"Dasarnya di UU sudah jelas pemerintah untuk penerbangan dari sisi ekonomi, memiliki hak untuk melindungi konsumen dan menghilangkan satu kondisi monopoli," kata Budi.

"Atas dasar itu kita berpijak untuk merampungkan regulasi ini regulasi itu semoga bisa memberikan kondisi win-win antara penerbangan dan masyarakat," ujar dia.

Sebelumnya dalam notulen rapat yang beredar beberapa waktu lalu, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, sangat menyayangkan harga tiket pesawat yang tidak kunjung turun.

Padahal, pemerintah sudah sering mengimbau operator penerbangan. Akibatnya, muncul kegaduhan di tingkat masyarakat.

Oleh karena itu, Luhut meminta Garuda Indonesia sebagai leading maskapai nasional agar segera menurunkan harga tiket.

Selain itu, pihaknya akan menghubungi AKR agar dapat segera mendapat izin untuk menjadi kompetitor Pertamina dalam menyediakan avtur pesawat.

Luhut juga memberi ultimatum kepada maskapai penerbangan agar penurunan tiket pesawat di semua rute terhitung pada awal April 2019. Pasalnya, kenaikan harga tiket pesawat ini telah mengakibatkan sektor pariwisata terkena dampak.

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia mencatat, walaupun saat ini low season, jika dibandingkan tahun lalu, okupansi hotel turun 20%-40%.

[Sinar Putri S.Utami]

Artikel ini tayang di Kontan.co.id dengan judul "Menhub janjikan peraturan baru soal tarif maskapai akan dilansir besok, Jumat (29/3)"

Editor: Achmad Bintoro
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved