Usai Dengar Keluhan Buruh, Disnakertrans Kaltara Pekan Depan Bakal Datangi 3 Perusahaan

Tim Disnakertrans akan turun hari Senin (1/4/2019) ke tiga perusahaan, masing-masing PT Prima Bahagia Permai, PT Inti Selaras Perkasa, dan PT Sentosa

Usai Dengar Keluhan Buruh, Disnakertrans Kaltara Pekan Depan Bakal Datangi 3 Perusahaan
TRIBUN KALTIM/MUHAMMAD ARFAN
Suasana pertemuan antara perwakilan buruh SBSI dengan Kabid Hubungan Industrial dan Pengawasan di kantor Disnakertrans Kaltara, Jumat (29/3/2019). 

Laporan wartawan Tribunkaltim.co Muhammad Arfan

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Setelah mendengar aspirasi buruh dari tiga perusahaan di Bulungan, Disnakertrans Kalimantan Utara berencana menindaklanjuti laporan tersebut ke tiga perusahaan yang diadukan oleh buruh.

Rencananya, tim Disnakertrans akan turun hari Senin (1/4/2019) ke tiga perusahaan, masing-masing PT Prima Bahagia Permai, PT Inti Selaras Perkasa, dan PT Sentosa Sawit, Utama.

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Pengawasan Disnakertrans Kalimantan Utara Asnawi menjelaskan, saat melakukan aksi pengecekan di tiga perusahaan tersebut, juga dilakukan pemeriksaan terhadap laporan-laporan yang disampaikan buruh.

"Kita akan turun bersama tim kami di Disnakertrans, termasuk melibatkan juga tim dan BPJS Kesehatan," ujarnya, Jumat (29/3/2019) usai mendengarkan aspirasi buruh di kantornya.

Setelah pemeriksaan, akan keluar nota hasil pemeriksaan tahap I. Jika tahap I tidak diindahkan, maka akan keluar nota tahap II.

"Jikalau belum diindahkan lagi, kita akan lakukan langkah hukum," ujarnya.

Proses hukum akan dilaksanakan oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS).

Asnawi mengatakan, jika hasil penyidikan PPNS terbukti ada pelanggaran baik pidana maupun administratif, akan ditindaklanjuti sesuai pelanggarannya.

"Sanksinya ada dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan. Pada intinya kita lakukan langkah-langkah sesuai dengan yang diatur oleh undang-undang," ujarnya.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved