Berita Video

VIDEO - BNNK Bontang Gunakan Alat Terbaru Tes Urine, Cek Hasil Cuma 10 Detik

Agenda rutin Lapas Bontang setiap tahun ini sebagai upaya untuk menciptakan lingkungan Lapas bebas dari peredaran narkotika.

VIDEO - BNNK Bontang Gunakan Alat Terbaru Tes Urine, Cek Hasil Cuma 10 Detik
Tribunkaltim.co/ Ichwal Setiawan
Petugas dari BNNK Bontang mengecek urin petugas di Lapas Bontang. Melalui alat ini kandungan zat terlarang yang dikonsumsi penggunanya segera terdeteksi hanya dalam tempo 5 detik. 

Laporan wartawan Tribun Kaltim, Ichwal Setiawan

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANGBadan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Bontang menggelar tes urine kepada 76 petugas dan 32 narapidana di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas III A Bontang, Selasa (2/4/2019).

Agenda rutin Lapas Bontang setiap tahun ini sebagai upaya untuk menciptakan lingkungan Lapas bebas dari peredaran narkotika.

Kepala BNNK Bontang, AKBP Kismono Edi mengatakan komitmen Lapas Bontang bersih narkoba patut diancungi jempol. UPT Permasyarakatan Bontang ini rutin menggelar tes urin bagi seluruh petugasnya.

“Tujuan kami membantuk Lapas Bontang ini bebas dari peredaran narkoba, karena di daerah lain banyak terjadi Lapas menjadi tempat pengendalian narkotika,” ujar Kismono kepada wartawan disela-sela kegiatan.

Kanker Hati Disinyalir Penyebab Wasit Nasional Asal Balikpapan Hamsir Meninggal Dunia

BREAKING NEWS - Kabar Duka, Wasit Nasional Asal Balikpapan Tutup Usia

Lahir Bulan April? Ini Kepribadian Orang Berdasarkan Tanggal Kelahiran 

Dia menjelaskan, melalui tes urine ini para pencandu dan pemakai narkoba dapat dengan mudah terdeteksi. BNNK menggunakan alat terbaru dalam tes ini. Alat pembaca kandungan urin hanya membutuhkan 5-10 detik untuk membaca kandungan narkoba.

Alat pembaca ini memilik 6 parameter yang terkandung di dalam urin. Ke-6 zat tersebut diantaranya, metavitamin, morfin, kokain, amvetamin, thc (kandungan Alkohol) dan bzo (sejenis zat obat batuk).

“Jadi para pengguna narkoba bisa dideteksi dengan cepat, untuk sementara ini hasilnya belum ada petugas didapati pengguna narkoba,” ujarnya.

Petugas dari BNNK Bontang mengecek urin petugas di Lapas Bontang. Melalui alat ini kandungan zat terlarang yang dikonsumsi penggunanya segera terdeteksi hanya dalam tempo 5 detik.
Petugas dari BNNK Bontang mengecek urin petugas di Lapas Bontang. Melalui alat ini kandungan zat terlarang yang dikonsumsi penggunanya segera terdeteksi hanya dalam tempo 5 detik. (Tribunkaltim.co/ Ichwal Setiawan)

Pantauan tribunkaltim.co, para petugas secara bergiliran diperiksa kandungan kemihnya. Pemeriksaan urin dibagi dalam beberapa kelompok, petugas dan napi digelar terpisah.

Kelompok pertama dari petugas Lapas sebanyak 57 orang. Mereka menyerahkan urin , saat itu juga petugas dari BNNK mengecek kandungan di dalam urin. Hasilnya, seluruh petugas bebas dari zat-zat yang terlarang.

Tetap Profesional, Edy Gunawan Targetkan Sriwijaya FC Naik Kasta ke Liga 1

Adik Prabowo Bicara Jatah Menteri, Demokrat Masih Dipertimbangkan, Begini Kata AHY

Fakta-fakta Rapper Nipsey Hussle yang Tewas Ditembak Orang tak Dikenal, Diduga Perselisihan Gangster

Sementara itu, para napi perempuan sebanyak 10 orang serta napi pria sejumlah 22 juga ikut tes urin. Hingga selesai tidak ditemukan pengguna narkoba dari hasil tes ini. (*) 

Simak Videonya :

(*)

Penulis: Ichwal Setiawan
Editor: Arif Fadilah
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved