Pemilu 2019

Bercermin pada Pileg 2014, PSI Optimistis Tembus Parliamentary Threshold; Ini Alasannya

Andy menyatakan rasa optimisnya meski pun dalam survei Charta Politika hari ini, Kamis (4/4/2019) elektabilitas PSI hanya 2,2 persen.

Bercermin pada Pileg 2014, PSI Optimistis Tembus Parliamentary Threshold; Ini Alasannya
TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI
Ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie menyampaikan orasi politiknya saat kampanye dalam #Festival11 di Medan, Sumatra Utara, Senin (11/3/2019). Dalam acara yang dihadiri ribuan kader dan simpatisan PSI dari berbagai daerah di Sumut itu Grace Natalie membicarakan masalah solidaritas dan anti korupsi di Indonesia. 

TRIBUNKALTIM.CO - Juru Bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Andy Budiman menyatakan optimismenya bisa menembus parliamentary threshold (PT) atau ambang batas 4 persen perolehan suara agar masuk dalam parlemen DPR RI.

Andy menyatakan rasa optimisnya meski pun dalam survei Charta Politika hari ini, Kamis (4/4/2019) elektabilitas PSI hanya 2,2 persen.

Apalagi survei Charta Politika itu memiliki margin of error sebesar 2,19 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

“Kami optimis karena melihat Pileg tahun 2014 di mana beberapa hari sebelum pencoblosan PKS dan Partai Nasional Demokrat diprediksi lembaga survei hanya memperoleh sekitar 3 persen suara, tapi saat hari pencoblosan ternyata PKS memperoleh 6,7 persen dan Nasdem 6,7 persen,” ujar Andy ditemui dalam rilis Charta Politika di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Selain itu Andy mengaku optimis karena yakin dalam 11,7 persen pemilih yang belum menentukan pilihannya (undecided voters) ada yang akan memilih PSI pada saat pencoblosan.

“Apalagi lumbung suara PSI berasal dari kalangan menengah ke atas yang sebagian besar tidak memberitahu jawabannya saat ditanya lembaga survei, kami yakin dari 11,7 persen undecided voters itu ada yang memberikan suara untuk PSI,” tegasnya.

Faktor lain menurut Andy adalah meningkatnya elektabilitas PSI dari waktu ke waktu.

Pada survei Charta Politika 22 Desember 2018 sampai 2 Januari 2019 elektabilitas PSI ada di angka 1,5 persen; kemudian sempat turun pada survei 1-9 Maret 2019 dengan angka 1,1 persen; dan kali ini melonjak 2,2 persen.

Sosok Ketua Umum Grace Natalie yang terus mengkampanyekan program antikorupsi dan anti intoleransi ditengarai Andy menjadi faktor pendongkrak elektabilitas PSI.

Di sisi lain, Direktur Riset Charta Politika Muslimin mengamini bila memang ada peluang PSI untuk menembus 4 persen.

Halaman
123
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved