Pembangunan di Tanjung Selor Dapat Jadi Model Pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Kota Lain

Pembangunan infrastruktur di Kota Tanjung Selor, ibu kota Kalimantan Utara atau Kaltara, inspirasi pindahkan ibu kota dari Jakarta ke kota lain.

Pembangunan di Tanjung Selor Dapat Jadi Model Pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Kota Lain
TRIBUN KALTIM/MUHAMMAD ARFAN
Kota Tanjung Selor di seberang Sungai Kayan dilihat dari objek wisata Gunung Putih Kecamatan Tanjung Palas Kabupaten Bulungan. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Pembangunan infrastruktur di Kota Tanjung Selor, ibu kota Kalimantan Utara atau Kaltara, dinilai dapat menjadi model apabila pemerintah berencana memindahkan ibu kota dari Jakarta ke kota lain.

Hal ini karena infrastruktur yang dibangun di kota tersebut benar-benar dimulai dari nol.

"Itu contoh kecil kalau kita mau bikin ibu kota baru. Misalnya, mau pindahin ibu kota dari Jakarta ke Palangkaraya, ya model kayak gini lah, Tanjung Selor inilah," kata Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Hadi Sucahyono kepada Kompas.com, akhir pekan lalu.

Soal Pengembangan dan Penataan Tanjung Selor Kalimantan Utara Perlu Disayembarakan

Guyuran Dana Rp 168,32 Miliar Dianggap tak Cukup Buat Bangun Tanjung Selor

Tanjung Selor ditetapkan sebagai kota baru sejak 2015 lalu.

Dua tahun kemudian, kota ini ditahbiskan sebagai Pusat Kegiatan Nasional (PKN).

Dengan status baru ini, Tanjung Selor diharapkan dapat menjadi simpul bagi pengembangan ekonomi di kabupaten atau kota di sekitarnya.

BPIW kemudian membuat masterplan dan development plan infrastruktur Kementerian PUPR serta pra desain Kawasan Prioritas Kota Baru Tanjung Selor yang berisi konsep pengembangan serta indikasi kebutuhan infrastruktur PUPR terpadu.

Sejumlah kegiatan pengembangan infrastruktur pun telah dilakukan seperti pembangunan Jalan Long Nawang-Long Pujungan di Kabupaten Malinau.

Pembangunan Embung Indulung di Kota Tarakan, rehabilitasi dan renovasi satuan pendidikan dasar dan menengah di Provinsi Kaltara.

Berikut Tarif dan Rute Penerbangan Perintis di Kalimantan Utara, Ada Tarakan - Maratua Rp 412 Ribu

Di samping itu, BPIW juga membantu pemerintah daerah untuk melakukan review design kawasan pemerintahan Kota Baru Mandiri Tanjung Selor yang seluas 800 hektar serta menyusun rencana pengembangan tahap pertama yang mencapai 200 hektar.

Halaman
1234
Editor: Budi Susilo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved