Kemkominfo RI Klaim Refarming Buka Peluang Layanan 4G Lebih Merata

Kemkominfo RI menyatakan Penyelesaian refarming memungkinkan operator telekomunikasi jaringan bergerak seluler mengefisiensikan & optimasi layanan ok.

Kemkominfo RI Klaim Refarming Buka Peluang Layanan 4G Lebih Merata
Tribunkaltim.co/ilo
ILUSTRASI - Sinyal pendeteksi di muka bumi. Kemkominfo RI telah menyelesaikan penataan ulang atau refarming pita frekuensi radio 800 MHz dan 900 MHz. Penyelesaian refarming memungkinkan operator telekomunikasi jaringan bergerak seluler mengefisiensikan dan optimasi layanan. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kemkominfo RI telah menyelesaikan penataan ulang atau refarming pita frekuensi radio 800 MHz dan 900 MHz.

Hal ini disampaikan oleh Ferdinandus Setu Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo kepada Tribunkaltim.co melalui press rilis yang dikirim melalui sambungan WhatsApp pada Senin (8/4/2019) siang.

Penyelesaian refarming memungkinkan operator telekomunikasi jaringan bergerak seluler mengefisiensikan dan optimasi layanan.

Emak-emak Meluruk ke Pengadilan Negeri Balikpapan Dukung Terdakwa Hoaks 7 Kontainer

Sehari Jelang Final Leg 1 Persebaya vs Arema, Ini yang Dilakukan Tim Singo Edan

Januari 2019 Hingga Sekarang, 5 Balita di Balikpapan Meninggal Dunia karena Demam Berdarah Dengue

"Sehingga membuka peluang lebih besar bagi masyarakat yang belum dapat menikmati 4G menjadi dapat menikmati layanan 4G," ungkapnya.

Berdasarkan data dari Direktorat Pengendalian Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, sampai awal tahun 2019 cakupan sinyal 4G di Indonesia sudah mengcover 63.862 desa.

Dan kelurahan di seluruh Indonesia atau sekitar 76,74 persen.

Pemerintah terus berupaya menyediakan akses informasi secara universal bagi masyarakat di seluruh Nusantara dengan peningkatan dan perluasan konektivitas nasional melalui program peningkatan jangkauan layanan telekomunikasi.

Guna menyediakan layanan mobile broadband (4G) yang berkualitas, ketersediaan spektrum frekuensi radio yang memadai menjadi keharusan.

Sebelum refarming, dari seluruh pita frekuensi radio yang digunakan oleh penyelenggara jaringan bergerak seluler.

Masih terdapat penetapan pita feekuensi radio yang belum berdampingan (not contiguous), yaitu pita frekuensi radio 800 MHz dan 900 MHz yang digunakan Telkomsel.

Halaman
1234
Penulis: Budi Susilo
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved