Begini Bahayanya Naik Speedboat Bermesin Tunggal ke Pulau Maratua Berau

Objek wisata Berau di Kalimantan Timur berada di wilayah kepulauan, yang juga menyusuri lintasan perairan memakai speedboat Standar pelayanan wajib ok

Begini Bahayanya Naik Speedboat Bermesin Tunggal ke Pulau Maratua Berau
Tribunkaltim.co/Geafry Necolsen
ILUSTRASI - Transportasi air speedboat yang menjelajah ke beberapa kepulauan di Berau, Kalimantan Timur. Sekedar info bahwa wisatawan diimbau menolak naik speeboat tanpa pelampung dan mempertimbangkan kembali naik speeboat dengan mesin tunggal saat menuju Pulau Maratua, Berau. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEBBerau dikenal sebagai daerah tujuan wisata bagi turis dari dalam negeri maupun dari mancangera, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau berupaya memberikan kenyamanan dan keamanan.

Terutama saat menggunkan transportasi air. Pasalnya, sebagian besar objek wisata Berau, Provinsi Kalimantan Timur berada di wilayah kepulauan, yang juga menyusuri lintasan perairan.

Hal ini diungkapkan oleh Abdurrahman, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Berau kepada Tribunkaltim.co pada Kamis (11/4/2019).

Dia jelaskan, Dinas Perhubungan Kabupaten Berau, terus mendorong para operator atau pemilik speed boat, untuk meningkatkan standar pelayanan mereka.

“Yang paling utama adalah standar keselamatan. Jangan sampai terjadi kecelakaan yang menelan korban jiwa,” tegasnya.

Soal asuransi, Abdurrahman menegaskan, saat ini seluruh penumpang speedboat telah dilindungi oleh asuransi.

Bahkan mereka sudah masuk dalam perlindungan saat memasuki dermaga.

“Kami bekerjasama dengan PT Pelindo dan Jasaraharja. Sebelum naik ke atas speedboat, penumpang dipastikan sudah mendapat asuransi,” ujarnya.

Meski begitu, diakuinya, asuransi saja tidak cukup. Harus ada upaya pencegahan untuk menghindari korban jiwa.

Abdurrahman mengatakan, hingga saat ini masih ada beberapa oknum pengelola atau pemilik speedboat yang tidak menyediakan pelampung untuk penumpangnya.

Halaman
1234
Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved