Bawaslu Kutim Bersihkan Ratusan APK, Bakal Dibakar Usai Pencoblosan

Bawaslu Kutim dalam penertiban APK melibatkan tim pengawas TPS, Satpol PP serta aparat kepolisian.

Bawaslu Kutim Bersihkan Ratusan APK, Bakal Dibakar Usai Pencoblosan
Tribunkaltim.co/ Margaret Sarita
Penertiban APK oleh tim Bawaslu Kabupaten Kutim sejak Minggu (14/4) dini hari hingga selesai masa tenang 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA – Memasuki masa tenang, Bawaslu Kabupaten Kutai Timur, bersama Panwaslu di 18 kecamatan se Kabupaten Kutim melakukan pembersihan Alat Peraga Kampanye (APK) yang masih terlihat di sepanjang jalan protokol maupun di dalam gang.

Bawaslu Kutim dalam penertiban APK melibatkan tim pengawas TPS, Satpol PP serta aparat kepolisian.

“Semua kita copoti. Di Kecamatan Sangatta Utara dan Selatan, kita melakukan penyisiran di beberapa titik jalan protokol termasuk gang yang ada di sekitarnya, mulai tadi malam hingga selesai masa tenang. Pokoknya terus menerus,” ungkap Ketua Bawaslu Kutim, Andi Mappasiling, Minggu (14/4/2019).

Ada ratusan APK baik berupa baliho, spanduk maupun poster yang dikumpulkan di Sekretariat Bawaslu Sangatta dan di sekretariat Panwaslu di masing-masing kecamatan.

“Kita kumpulkan dulu semua di sini (sekretariat), nanti baru dimusnahkan bersamaan. Rencananya kita akan bakar saja semuanya setelah hari pencoblosan,” ujar Andi.

Penertiban APK di Kutim
Penertiban APK di Kutim (Tribunkaltim.co/ Margaret Sarita)

Meski demikian, Andi tak menampik adanya warga yang meminta untuk memanfaatkan APK yang tak terpakai itu untuk keperluan lain. Seperti sebagai alas duduk, penutup warung atau lainnya. Namun, ia baru akan mengizinkan pengambilannya setelah pencoblosan.

“Kalau untuk kayu dan tiang yang digunakan memasang APK, tidak kami bawa. Karena kami juga terbatas soal kendaraan. Jadi biar saja di tempatnya. Hanya APK –nya saja yang kami tertibkan,” ungkapnya.(*) 

Baca Juga: 

Likes Fanspage Facebook 

Follow Twitter


Follow Instagram

Subscribe official YouTube Channel 
Penulis: Margaret Sarita
Editor: Anjas Pratama
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved