Pemilu 2019

VIDEO Angkut Logistik Pemilu Pakai Heli Bell 412 & Pesawat CN 295, Ini Kesulitan Menembus Mahulu

Guna mempercepat proses pengiriman logistik pemilu ke Kabupaten Mahakam Ulu atau Mahulu, Kalimantan Timur, TNI mengerahkan helikopter jenis Bell 412.

VIDEO Angkut Logistik Pemilu Pakai Heli Bell 412 & Pesawat CN 295, Ini Kesulitan Menembus Mahulu
Ist / Pendam / VI Mulawarman
Logistik Pemilu mulai diangkut ke dalam Helikopter milik TNI AD di Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu. Logistik akan didistribusikan ke Kecamatan Long Pahangai dan Long Apari, Minggu (14/4/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Guna mempercepat proses pengiriman logistik pemilu ke Kabupaten Mahakam Ulu atau Mahulu, Kalimantan Timur, TNI mengerahkan helikopter jenis Bell 412 dan pesawat jenis CN 295.  

Helikopter jenis Bell 412 ini merupakan helikopter milik kodam Kodam VI/Mulawarman yang difungsikan sebagai pengangkut logistik dan prajurit di wilayah perbatasan.

Helikopter jenis Bell 412 dengan nomor Reg. HA 5183 ini dipiloti Mayor Cpn Hendri dan Kopilot Lettu Cpn Mofa dan nantinya akan mengakut logistik pemilu khusus lokasi yang sulit dijangkau melalui darat dan sungai, seperti di pesisir kabupaten Mahakam Ulu yang meliputi Kecamatan Long Bagun, Kecamatan Long Apari, dan Long Pahangai.

Namun mulai tanggal, 14 April 2019 lalu, helikopter keluaran tahun 2014 ini mulai difungsikan sebagai angkutan logistik pemilu Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kaltim selama empat hari atau sampai pada 17 April nanti 2019.

Kepala penerangan Kodam VI/Mulawarman (Kapendam) Kolonel Kav. Dino Martino mengatakan peminjaman helibell tersebut sebagai bentuk kontribusi TNI dalam mensukseskan jalannya pemilu.

Logistik Pemilu mulai diangkut ke dalam Helikopter milik TNI AD di Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu. Logistik akan didistribusikan ke Kecamatan Long Pahangai dan Long Apari, Minggu (14/4/2019).
Logistik Pemilu mulai diangkut ke dalam Helikopter milik TNI AD di Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu. Logistik akan didistribusikan ke Kecamatan Long Pahangai dan Long Apari, Minggu (14/4/2019). (Ist / Pendam / VI Mulawarman)

"Ya ini sebagai bentuk partisipasi kami untuk mensukseskan pemilu tahun 2019 ini, jadi peminjaman ini juga berdasarkan perintah panglima,"ujarnya

Helikopter 412 milik Kodam VI/Mulawarman ikut diperbantukan sebagai angkutan surat suara.

Namun demikian, aktifitas aktifitas pengiriman surat suara tersebut ternyata tak semulus yang diharapkan, pasalnya pilot dan awak helikopter harus susah payah melawan cuaca yang terbilang extreme.

Pilot helikopter jenis Bell 412, Mayor CPN Handy mengatakan proses pengiriman surat suara di wilayah posko Mahulu sempat terkendala cuaca buruk.

"Kami di sana dihadapkan oleh tiga kesulitan, pertama karena faktor cuaca buruk, jarak yang jauh dan bahan bakar, jadi kami harus memaksimalkan ini sebaik mungkin," katanya

Halaman
123
Penulis: Zainul
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved