Pilpres 2019

Pemilu 2019 Lebih Komplek, Apa yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mencoblos? Simak Panduan Ini

Rabu, 17 April 2019, pencoblosan akan dilasanakan serentak. Pemilu kali ini jauh lebih kompleks dibandingkan dengan pemilu sebelum-sebelumnya.

Pemilu 2019 Lebih Komplek, Apa yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mencoblos? Simak Panduan Ini
KOMPAS/RADITYA HELABUMI
Pemilih memberikan hak suaranya saat simulasi pemungutan suara dan penghitungan suara di Taman Surapati, Jakarta, Rabu (10/4/2019). Simulasi pemilu terus dilakukan untuk mengukur kesiapan pelaksanaan pemilu serentak, terutama bagi KPPS yang akan bertugas di tiap-tiap TPS. 

Pemilu 2019 Lebih Komplek, Apa yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mencoblos? Simak Panduan Lengkap Ini

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Rabu, 17 April 2019, pemungutan suara Pemilu 2019 akan berlangsung di Indonesia. Pemilu kali ini jauh lebih kompleks dibandingkan dengan pemilu sebelum-sebelumnya.

Sebab, pada pemilu kali ini kita memilih calon presiden dan calon wakil presiden hingga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD di tingkat kabupaten/kota.

Agar tidak kebingungan saat mendatangi tempat pemungutan suara (TPS), pemilih perlu mempersiapkan diri dan mengetahui apa saja yang diperlukan saat hari pemungutan hingga penghitungan suara. Berikut sejumlah hal-hal teknis yang perlu diketahui sebelum mencoblos.

Apa yang perlu dipersiapkan sebelum mencoblos?

Sebelum mencoblos, pemilih harus memastikan telah terdaftar sebagai daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019 dan TPS untuk mencoblos.

Pemilih dapat memastikan dirinya tercatat dalam DPT dan TPS dengan memeriksa langsung melalui portal resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU), yaitu https://infopemilu.kpu.go.id/ atau melalui aplikasi KPU RI Pemilu 2019 yang dapat diunduh di Playstore.

Pemilih tinggal memasukkan nama dan nomor induk kependudukan (NIK) kartu tanda penduduk  elektronik (KTP-el) ke situs tersebut dan informasi terkait DPT ataupun TPS saat mencoblos akan langsung muncul.


KOMPAS/PRADIPTA PANDU
Ilustrasi: Tampilan pada situs resmi KPU untuk calon anggota legislatif yang tidak bersedia memublikasikan data riwayat hidup.

Selain itu, pemilih juga dapat mengetahui TPS untuk mencoblos melalui formulir C6 yang dibagikan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di setiap TPS.

Halaman
1234
Editor: Achmad Bintoro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved