Pemilu 2019

Mau Mencoblos, Tiga Warga Tertangkap Gunakan C-6 Orang Lain

Tiga warga di Tanjung Selor tertangkap karena mau mencoblos dengan menggunakan C-6 milik orang lain. Saat ini sedang diperiksa Bawaslu Kaltara.

Mau Mencoblos, Tiga Warga Tertangkap Gunakan C-6 Orang Lain
TRIBUN KALTIM/ Muhammad Arfan
Ketua Bawaslu Kaltara Siti Nuhriyati 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Tiga orang warga tertangkap Bawaslu Bulungan dan Panwascam Kecamatan karena menggunakan C-6 milik orang lain.

Saat ini mereka sedang diperiksa Bawaslu. Pada hari pemungutan suara ini (17/4/2019), jajaran Bawaslu Bulungan dan Panwascam Tanjung Selor menemukan tiga orang sedang mencoba menyalurkan hak suaranya menggunakan C-6 orang lain.

Temuan Bawaslu ini berlokasi di TPS 19 Jalan Gapensi, Tanjung Selor Hilir.

Ketiga orang warga yang mencoba akan menyalurkan hak suaranya itu tengah menjalani Berita Acara Pemeriksaan (BAP) di Bawaslu Kalimantan Utara untuk diklarifikasi awal terkait apa yang mereka lakukan di TPS 19.

Inisial ketiga orang tersebut ialah AZ, AD, dan MJ. Sedang satu orang lainnya mencoba menyalurkan hak suaranya di TPS lain.

Ketua Bawaslu Kaltara Siti Nuhriyati
Ketua Bawaslu Kaltara Siti Nuhriyati (TRIBUN KALTIM/ Muhammad Arfan)

"Ini masih sedang ditelusuri oleh teman-teman di TPS mana dia menyalurkan hak suaranya," kata Siti Nuhriyati, Ketua Bawaslu Kalimantan Utara di kantornya di Jalan Jenderal Sudirman, Tanjung Selor, Rabu (17/4/2019).

Meski belum sempat mencoblos, ketiganya tetap diproses oleh Bawaslu. Siti mengatakan, aktivitas ketiga pelaku diketahui oleh jajaran Bawaslu dan Panwascam bahwa ketiganya akan mencoblos menggunakan C-6 milik orang lain.

"Yang menangkap adalah teman-teman Panwas. Karena ketika mereka mau menyetor ke petugas C-6 itu, diperiksa, memang berbeda antara C-6 dan KTP itu berbeda," ujarnya.

Ketiga warga yang tertangkap tersebut berasal dari Jawa alias ber-KTP Jawa.

Siti mengatakan, ketiganya mengaku diajak dan dijemput dengan roda empat oleh seseorang di kos ketiganya. Kemudian dalam perjalanan dari kos menuju TPS, ketiganya diberi arahan agar memilih calon sesuai yang disampaikan oleh orang yang menjemputnya.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved