Pemilu 2019

VIDEO - Puluhan Tahanan Polres Kukar Diangkut dengan Bus untuk Mencoblos di Lapas Tenggarong

Sebuah bus membawa 62 tahanan Polres Kukar tiba di Lapas Tenggarong, Rabu (17/4/2019) pukul 10.46. Mereka dikawal personel Polres Kukar.

VIDEO - Puluhan Tahanan Polres Kukar Diangkut dengan Bus untuk Mencoblos di Lapas Tenggarong
tribunkaltim.co/Rahmat Taufik
Sebanyak 62 tahanan Polres Kukar mencoblos di Lapas Klas IIB Tenggarong bersama 418 orang warga binaan, Rabu (17/4/2019)_ 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Sebuah bus membawa 62 tahanan Polres Kukar tiba di Lapas Tenggarong, Rabu (17/4/2019) pukul 10.46. Mereka dikawal personel Polres Kukar.

"Dari 119 jumlah tahanan Polres, mereka yang punya hak suara 67 orang. Sedangkan yang bisa mencoblos hari ini 62 orang karena 5 orang berhalangan akibat sakit dan tahap I," ujar Kompol Andin Wisnu Sudibyo, Kabagops Polres Kukar.

Sebanyak 50 personel Polres ikut mengawal para tahanan yang mengenakan seragam oranye.

Karena Polres Kukar tak memiliki TPS maka para tahanan mencoblos di Lapas Klas IIB Tenggarong. Sementara itu, jumlah Daftar Pemilih Tambahan warga binaan Lapas sendiri mencapai 418 orang.

"Surat suara baru tiba sekitar pukul 05.00 tadi pagi, kami sempat khawatir apakah pemungutan suara jadi dilaksanakan atau tidak di Lapas. Sehingga kami mulai pencoblosan mulai pukul 08.00," kata Didik Heru Sukoco, Kepala Lapas Tenggarong didampingi Kasi Pembinaan Anak Didik, Andri Lesmano.

Di Lapas Tenggarong ini, lanjutnya, disiapkan 3 TPS, yakni TPS 86, 87 dan 88. Sedangkan pihak Lapas mengusulkan 1.470 warga binaannya ke KPU agar bisa memilik hak suara.

"Kebanyakan mereka ini dicoret dari DPT oleh Ketua RT setempat karena masuk Lapas. Sehingga saat ditelusuri NIK mereka malah tidak tercantum di DPT.

Kami inginnya semua warga binaan kami yang punya hak suara bisa mencoblos tapi aturan KPU yang baru tidak memungkinkan untuk itu," ucap Didik

Lihat videonya:

Ribuan Tahanan di Rutan Balikpapan Ikut Nyoblos

Halaman
123
Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved