Pemilu 2019

Akibat Keterlambatan Distribusi Logistik, 1.675 Pemilih di Kutai Kartanegara Ikut Pemilu Susulan

Sebanyak 1.675 orang yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) di Kutai Kartanegra dipastikan ikut Pemilu susulan

Akibat Keterlambatan Distribusi Logistik, 1.675 Pemilih di Kutai Kartanegara Ikut Pemilu Susulan
tribunkaltim.co/rahmad taufik
Ketua KPU Kukar Erlyando Saputra 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Sebanyak 1.675 orang yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dipastikan ikut Pemilu susulan karena pada Rabu (17/4/2019) kemarin belum menggunakan hak suara mereka dalam Pemilu 2019.

Ribuan orang ini tersebar dalam 8 TPS berbasis DPTb di 2 kecamatan, yakni Kecamatan Tabang dan Kecamatan Marang Kayu.

Ketua KPU Kukar Erlyando Saputra mengatakan, penundaan pelaksanaan pemilu di 8 TPS ini dikarenakan keterlambatan distribusi logistik dari pusat.

"Delapan dari 19 TPS berbasis DPTb di Kukar tidak terdistribusi (logistik), terlalu mepet waktunya, kalau kita paksakan habis waktu pemilihannya, maka kita prioritaskan distribusi yang daerah di mana TPS DPTb-nya memungkinkan untuk dilaksanakan pemilu kemarin," ujar Nando sapaan akrab Erlyando, Kamis (18/4/2019).

Disinggung kapan pelaksanaan pemilu susulan, menurut Nando, mekanismenya ada waktu 10 hari sampai kemudian diputuskan dalam rapat.

"Memang nanti kita yang putuskan, cuma ini karena pemilu sifatnya nasional maka kita tetap koordinasi pada KPU, baik KPU Provinsi dan diteruskan ke KPU Pusat sehingga ada kiat tertentu terkait pelaksanaannya," ujarnya.

Lokasi 8 TPS berbasis DPTb yang belum melaksanakan Pemilu kemarin ini memang paling jauh, tujuh TPS berada di 4 desa Kecamatan Tabang. Sedangkan Tabang merupakan kecamatan terjauh dari 18 kecamatan se-Kukar.

Satu TPS lagi berada di Desa Semangkok, Kecamatan Marangkayu.

"TPS di Marang Kayu berada di rignya WC 0 laut dalam, Selat Makasar, jadi posisinya di perusahaan, pemilihnya ada 71 orang," ucap Nando.

Untuk logistik pemilu, lanjutnya, KPU sudah mendistribusikannya ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Halaman
1234
Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved