Bulan Puasa Sebentar Lagi, Rencanakan Keuangan dari Sekarang

Bulan Ramadhan tinggal beberapa hari, yuk susun anggaran keuangan sejak jauh hari. Agar keuangan rumah tangga lebih teratur.

Bulan Puasa Sebentar Lagi, Rencanakan Keuangan dari Sekarang
(Thinkstock)
Ilustrasi - Merencanakan keuangan untuk bulan puasa dan lebaran 

TRIBUNKALTIM.CO - Sebentar lagi bulan puasa, Ramadhan akan tiba. Selain fokus dalam beribadah, biasanya persoalan keuangan juga menjadi perhatian.  

Pasalnya, biasanya pengeluaran selama bulan Ramadhan justru kerap membengkak. Oleh karena itu perencanaan keuangan harus disusun sejak jauh hari.

Idealnya, puasa justru memperirit keuangan karena hanya makan dua kali, yakni saat sahur dan berbuka.

Namun sayangnya, bulan puasa justru membuat Anda mengeluarkan uang lebih banyak, baik untuk berbuka puasa bersama hingga membeli baju lebaran.

Lantas, apa saja yang harus Anda persiapkan untuk menyambut bulan puasa? Berikut Kompas.com rangkum langkah-langkah keuangan yang harus Anda perhatikan.

1. Mulai Alokasikan Dana

Mulailah mengalokasikan dana untuk berbuka puasa bersama keluarga dan teman. selain mengalokasikan dana, segera membuat list prioritas untuk pengeluaran Anda.

"Mulai membuat pos pengeluaran yang jadi prioritas untuk bulan puasa.

Apabila sudah tahu banyak network, maka sisihkan bujet untuk acara berbuka puasa lebih besar dgn cara menurunkan alokasi untuk yg lainnya," kata perencana finansial Prita H. Ghozie kepada Kompas.com, Selasa (16/4/2019).

2. Buat Prioritas

Halaman
123
Editor: Rita
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved