Pemilu 2019

45 Pelanggaran Pemilu Ditemukan Bawaslu Bontang, Mulai Dugaan Pidana Hingga Money Politic

Bawaslu Bontang menemukan sekitar 45 pelanggaran pada hari pencoblosan. Mulai dugaan pidana pemilu, hingga aksi money politic

45 Pelanggaran Pemilu Ditemukan Bawaslu Bontang, Mulai Dugaan Pidana Hingga Money Politic
TribunKaltim.co/Ichwal Setiawan
ILUSTRASI Suasana pemungutan suara di salah satu TPS Kota Bontang, Provinsi Kalimantan Timur, Rabu (17/4/2019). Pada hari ini Sabtu (20/4/2019), KPU Bontang menggelar rekapitulasi hasil Pemilu 2019. 

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANG — Pemahaman Pemilu petugas Kelompok Panitia Pemungutam Suara (KPPS) di sejumlah TPS di Kota Bontang masih minus.

Pasalnya, Petugas Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menemukan dugaan pelanggaran pidana di TPS saat hari pemungutan suara, Rabu (17/4) kemarin.

Komisioner Bawaslu Bontang, Agus Susanto mengatakam Bawaslu Bontang mendapati 45 temuan pelanggaran dan pencegahan saat hari pemungutan kemarin.

Pelanggaran cukup fatal yang didapati Bawaslu, yakni Petugas KPPS tidak memberikam salinan formulir C1 kepada saksi dan Pengawas TPS.

“Ini dugaan pelanggaran pidana pemilu.

Tapi kita harus lihat dulu itu termasuk dalam unsur sengaja atau tidak,”ujar Agus Susanto kepada tribunkaltim.co, Minggu (21/4/2019) petang.

Agus menjelaskan, petugas KPPS banyak yang tidak mengetahui salinan formulir C1 itu wajib diserahkan ke saksi Partai Politik (Parpol) dan Pengawas TPS.

Gubernur Kaltim Isran Noor bersama rombongan saat disambut Walikota Bontang Neni Moerniaeni untuk TPS di Bontang pada pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019, Rabu (17/4/2019).
Tribunkaltim.co / Cornel Dimas
Gubernur Kaltim Isran Noor bersama rombongan saat disambut Walikota Bontang Neni Moerniaeni untuk TPS di Bontang pada pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019, Rabu (17/4/2019). Tribunkaltim.co / Cornel Dimas (TRIBUN KALTIM/CORNEL DIMAS SATRIO K)

Seluruh salinan tersebut dimasukan dalam satu kotak suara.

Kasus temuan ini terjadi di TPS 07 Kelurahan Loktuan, Kecamatan Bontang Utara.

Menurut Agus, kasus ini banyak terjadi selama proses penghitungan suara kala itu.

Halaman
123
Penulis: Ichwal Setiawan
Editor: Rafan Arif Dwinanto
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved