Beda dengan 2018, Ini Syarat dan Cara Daftar TK, SD, SMP, SMA/SMK tahun 2019, Sebentar Lagi Dimulai

Pemerintah telah menerbitkan aturan baru yang mengatur tentang penerimaan siswa TK, SD, SMP, SMA, dan SMK.

Beda dengan 2018, Ini Syarat dan Cara Daftar TK, SD, SMP, SMA/SMK tahun 2019, Sebentar Lagi Dimulai
tribunkaltim.co/fachmi rachman
ILUSTRASI - Ratusan orangtua dan calon siswa memadati ruang verifikasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online di lantai 1 SMAN 1 Balikpapan, Senin (2/7/2018). 

TRIBUNKALTIM.CO - Ujian Nasional SMP/MTs atau UN SMP/MTs tahun ajaran 2018/2019 di seluruh Indonesia mulai digelar hari ini, Senin (22/4/2019).

Pelajaran yang akan diujikan dalam Ujian Nasional SMP/MTs atau UN SMP/MTs ada empat yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Mata pelajaran pertama yang akan diujikan di  Ujian Nasional SMP/MTs atau UN SMP/MTshari ini adalah Bahasa Indonesia pada Senin (22/4/2019) mulai pukul 07.30 WIB.

Kemudian berturut-turut hingga Kamis (25/5), mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional SMP/MTs atau UN SMP/MTs adalah Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Selanjutnya, setelah mengikuti Ujian Nasional SMP/MTs atau UN SMP/MTs, seluruh siswa yang dinyatakan lulus tentunya akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Cara pendaftaran berbeda dengan tahun sebelumnya

Pemerintah telah menerbitkan aturan baru yang mengatur tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) atau penerimaan siswa baru TK, SD, SMP, SMA, dan SMK.

Aturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) atau penerimaan siswa baru ini tertuang dalam Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 yang ditandatangani Mendikbud Muhadjir Effendy pada 31 Desember 2018.

Permendikbud yang mengaturPenerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) atau penerimaan siswa baru ini menggantikan Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada TK, SD, SMP, SMA, dan SMK yang dinilai tidak sesuai lagi dengan perkembangan kebutuhan layanan pendidikan.

Disebutkan dalam Permendikbud, sekolah yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) atau penerimaan siswa baru pada bulan Mei setiap tahun.

Khusus untuk SMK, tahap pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) atau penerimaan siswa baru sebagaimana dimaksud dapat melakukan proses seleksi khusus yang dilakukan sebelum tahap pengumuman penetapan peserta didik baru.

Halaman
1234
Penulis: Doan Ebenezer Pardede
Editor: Ayuk Fitri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved