Balikpapan Terpilih Dalam Gerakan Menuju 100 Smart City 2019 di Indonesia

Walikota Balikpapan, Rizal Effendi turut menandatangani Nota Kesepahaman Gerakan Menuju 100 Smart City tahun 2019, di Hotel Santika Hayam Wuruk.

Balikpapan Terpilih Dalam Gerakan Menuju 100 Smart City 2019 di Indonesia
TribunKaltim.CO/HO/Foto IG Pemkot Balikpapan
Walikota Balikpapan Rizal Effendi menandatangani kesepahaman Geralan Menuju 100 Smart City 2019 

TRIBUNKALTIM.CO - Walikota Balikpapan, Rizal Effendi turut menandatangani Nota Kesepahaman Gerakan Menuju 100 Smart City tahun 2019, di Hotel Santika Hayam Wuruk, Jakarta, Rabu (15/5).

Walikota Balikpapan menjadi satu dari 25 wali kota/bupati yang terpilih menandatangani nota kesepahaman untuk mengikuti gerakan ini.

25 kota/kabupaten yang terpilih ini melengkapi 75 kota/kabupaten yang telah terpilih di tahun 2017 dan 2018, sehingga total ada 100 kota/kabupaten yang telah mengikuti Gerakan Menuju 100 Smart City.

Dikutip dari Instagram Pemkot Balikpapan, bahwa Gerakan Menuju 100 Smart City merupakan program bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Bappenas, dan Kantor Staf Kepresidenan.

Gerakan tersebut bertujuan membimbing kabupaten/kota dalam menyusun Masterplan Smart City, agar bisa lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasikan potensi yang ada di masing-masing daerah.

Sebuah kota dapat dikatakan Smart City jika di dalamnya lengkap dengan infrastruktur dasar, juga memiliki sistem transportasi yang lebih efisien dan terintergrasi, sehingga meningkatkan mobilitas masyarakat.

Konsep itu juga menciptakan kualitas hidup masyarakat yang terus meningkat, rumah dan bangunan yang hemat energi, bangunan ramah lingkungan dan memakai sumber energi terbarukan.

Rizal Effendi dalam beberapa sambutannya memang sering menyinggung tentang Smart City. Demi menudukung Smart City, Pemkot Balikpapan rencananya akan membangun Taman Smart City di lahan eks Polda yamg berada tepat di samping Kantor Pemkot Balikpapan. (*)

BACA JUGA: 

Duel Maut Mantan vs Calon Suami ZR - Terungkap Korban Sempat VidCall Dalam Kondisi Bersimbah Darah

Halaman
12
Penulis: Siti Zubaidah
Editor: samir paturusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved