Pertamina Komitmen Selesaikan Recovery Tumpahan Minyak di Teluk Balikpapan, Begini Penjelasannya

Pasca kejadian oil spill Pertamina RU V telah terus melakukan berbagai upaya dan tahapan recovery

Pertamina Komitmen Selesaikan Recovery Tumpahan Minyak di Teluk Balikpapan, Begini Penjelasannya
DOK - Tribun Kaltim/Siti Zubaidah
Pertamina melakukan pembersihan tumpahan minyak dengan menyedot menggunakan vakum di area Melawai, beberapa waktu lalu 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pasca kejadian oil spill Pertamina RU V telah terus melakukan berbagai upaya dan tahapan recovery.

Mulai dari penanggulangan, penanganan para korban dan dampak lingkungan hingga tahap pemulihan.

Hal itu diungkapkan Manager region communication & relation Pertamina Kalimantan Heppy Wulansari, Rabu (15/5/2019) malam.

Lebih lanjut, upaya yang dilakukan pihaknya antara lain merancang sistem peringatan dini yaitu LDS (Leak Detection System) yang akan dipasang pada pipa penyalur minyak bawah laut.

"Sistem ini dirancang untuk dapat memberikan informasi awal kebocoran hingga secara otomatis dapat menutup Valve yang akan menghentikan proses penyaluran minyak," katanya.

Proses pemasangan sistem deteksi ini telah mencapai 90 persen dan akan dioperasikan setelah pelaksanaan perbaikan pipa selesai.

Heppy menerangkan metode penanggulangan tumpahan minyak di perairan teluk Balikpapan dilakukan dengan metode Fisik-Mekanis berupa pengumpulan minyak dengan oilboom yang selanjutnya dipindahkan ke tempat penampungan di darat.

Metode lainnya adalah menaburkan absorben serta dispersan ke permukaan minyak di perairan, absorben yang telah menyerap minyak kemudian diangkat dan diolah menjadi limbah B3.

Dispersan yang digunakan oleh Pertamina RU V merupakan jenis yang telah dilengkapi dengan sertifikat dan rekomendasi penggunaan dari Menteri ESDM.

"Segala upaya tersebut dilakukan secara maksimal oleh Pertamina RU V serta tetap memperhatikan aspek pengelolaan lingkungan," tulisnya melalui saluran WhatsApp.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved