Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Dinas Sosial Kukar Gelar Pelatihan Pusat Kesejahteraan Sosial

Kegiatan dilaksanakan selama 1 hari untuk kegiatan selanjutnya akan dilaksanakan di Kecamatan – kecamatan.

Dinas Sosial Kukar Gelar Pelatihan Pusat Kesejahteraan Sosial
HUMASKAB KUKAR
Kepala Dinas Sosial Kutai Kartanegara Didi Ramyadi saat memberikan arahan pada pembukaan pelatihan petugas Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskeskos). 

TENGGARONG – Untuk menerima keluh kesah penduduk miskin dan menjembatani mereka dengan berbagai macam program penanggulangan kemiskinan yang dibutuhkan, Dinas Sosial Kabupaten Kutai Kartanegara melaksanakan Pelatihan Bagi Petugas Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskessos) Desa/Kelurahan tahun 2019.

Pelatihan Petugas Puskessos itu dilaksanakan di Aula Kantor Dinas Sosial Jln Cut Nyak Dien Tenggarong, Senin (13/5/2019) di buka Kadis Sosial Didi Ramyadi.

Didi Ramyadi mengatakan, masalah kemiskinan merupakan masalah sosial yang kompleks, sehingga penyelesaiannya perlu dilakukan secara komprehensif, terpadu dan berkesinambungan.

Dengan dilaksanakannya pelatihan itu, diharapkan mampu untuk mempersiapakan Puskessos dan petugas pelaksananya sebagai tempat bagi rumah tangga miskin untuk menyampaikan keluhannya dan mendapatkan solusi terbaik untuk mengatasi masalah yang dihadapinya.

Selain itu juga diharapkan terjadi peningkatan integrasi berbagai layanan sosial didaerah sehingga fungsi layanan tersebut menjadi lebih rensponsif

Lebih lanjut dikatakan Didi, tujuan dari kegiatan ini untuk mewujudkan sinergi antar para pihak yang berkepentingan dalam perlindungan sosial dan pengentasan kemiskinan.

Keluhan yang selama ini disampaikan oleh masyarakat miskan dan rentan sampai dengan saat ini sebagaian terbesar berkutat pada masalah kesehatan, selain itu karena kurangnya informasi tentang berbagai program perlindungan sosial dan penangulanggan kemiskinan yang masih kurang.

Keberadaan Puskesos di Desa/Keluarahan idealnya menjadi tujuan pertama bagi masyarakat miskin dan rentan untuk memperoleh informasi tentang program – program yang dapat di akses beserta prosedurnya.

“Melalui pelaksanaan fungsi pemutaharian data penerima manfaat secara dinamis yang dilaksanakan oleh Puskesos ditingkat Desa/kelurahan dapat membantu menyajikan data penerima manfaat secara dinamis dan akurat, oleh karenanya Peningkatan Petugas Puskessos menjadi penting untuk dilaksanakan,” katanya.

Ketua Panitia Penyelenggara H Hamzah mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan dapat mewujudkan keterpaduan maka dibutuhkan kesamaan persepsi dan pola tindak dalam melaksanakan perlindungan sosial dan penangulanggan kemiskinan, dan mewujudkan sinergi antar para pihak yang berkepentingan dalam perlindungan sosial dan pengentasan kemiskinan.

Sedangkan peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari petugas Puskessos dari seluruh Desa/Kelurahan yang ada di 18 Kecamatan se- Kukar, yang menyertakan peserta 3 orang yang meliputi pelaksana Puskessos atau Koordinator Puskessos, Front Office/penerima, memberikan informasi, Back Office/memberi, malakukan.

Lebih lanjut dikatakan Hamzah,kegiatan dilaksanakan melalui metode pemaparan, diskusi dan simulasi, paparan disampaikan nara sumber kemudian dilakukan diskusi serta simulasi.

Kegiatan dilaksanakan selama 1 hari untuk kegiatan selanjutnya akan dilaksanakan di Kecamatan – kecamatan. (Yli-Medsi03)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved