Kanal

Waspada, Tak Hanya Ganja, 5 Tanaman Ini Ternyata Juga Miliki Efek Memabukkan

Hati-hati! Ada tanaman yang punya efek memabukkan dan tentunya, berbahaya bagi tubuh jika digunakan secara berlebihan - net

TRIBUNKALTIM.CO - Mendengar kata narkoba atau narkotika, yang muncul dalam pikiran kita adalah obat-obat terlarang yang enggak boleh dikonsumsi. Ya, benar banget tapi sepertinya kita harus memahami bahwa sejatinya pengertiannya jauh lebih luas dari itu.

Narkotik, dalam KBBI, mengandung pengertian obat untuk menenangkan saraf, menghilangkan rasa sakit, menimbulkan rasa mengantuk, atau merangsang.

Dalam ilmu medis atau kedokteran, narkotik dibutuhkan dalam takaran yang sudah ditentukan, biasanya untuk mengurangi rasa sakit karena operasi.

Tapi sebenarnya, obat-obat yang berasal dari tanaman tersebut enggak boleh diperjualbelikan secara bebas dan sudah ada pengaturannya secara hukum. Tentunya, karena jika dikonsumsi lebih dari yang seharusnya akan berbahaya bagi tubuh manusia.

Dilansir dari Kompas.com, seorang rapper Indonesia, Iwa K, ditangkap karena membawa ganja di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Ganja tersebut berada dalam rokok yang disimpan dalam celananya, di mana ganjanya sudah bercampur dengan tembakau.

Dilansir dari website BNN (Badan Narkotika Nasional), selain ganja, ternyata 5 tanaman ini juga punya efek memabukkan.

1. Opium

Tanaman opium adalah tanaman berjenis bunga yang biasanya bergetah warna putih. Dari getah bunga ini dapat dihasilkan sebuah bahan candu seperti shabu-shabu dan heroin.

Efek memabukkan yang bisa ditimbulkan dari opium adalah halusinasi, mampu menghilangkan rasa cemas dan sakit. Opium, dalam ilmu medis, biasa digunakan untuk menghilangkan rasa sakit pasca operasi. Sayangnya, tanaman ini enggak dianjurkan untuk kita konsumsi secara ilegal.

2. Erythoxylon Coca

(foto: Psychotropicon)

Halaman
12
Editor: Ayuk Fitri
Sumber: Kawanku

Gadis di Sumbar Diperkosa Teman Pacar saat Kelelahan Mendaki Gunung hingga Akhirnya Tewas

Berita Populer