Fashion

Untuk Apa Menyetrika Jeans?

Agar jeans andalan tidak cepat aus karena terlalu sering dipakai, sebaiknya Anda memegang empat aturan dasar berikut ini.

Untuk Apa Menyetrika Jeans?
Agar jeans andalan tidak cepat aus karena terlalu sering dipakai, sebaiknya Anda memegang empat aturan dasar dalam merawat jeans berikut ini.
TRIBUNKALTIM.co.id - Anda pasti memiliki sepasang jeans favorit yang selalu Anda kenakan untuk menambah kenyamanan dan kepercayaan diri Anda. Agar jeans andalan tidak cepat aus karena terlalu sering dipakai, sebaiknya Anda memegang empat aturan dasar dalam merawat jeans berikut ini.

1. Jangan terlalu sering mencucinya
Kecuali Anda menumpahkan sesuatu pada jeans, atau jeans terkena noda yang bakal sulit dibersihkan, sebaiknya tidak mencucinya setiap Anda selesai memakainya (atau setiap dua kali pakai). Terlalu sering mencuci bahan denim akan membuat warnanya cepat pudar, berubah bentuk, dan lebih cepat aus. Belum lama ini CNN bahkan melaporkan bahwa seorang mahasiswa University of Alberta belum mencuci jeans-nya selama 15 bulan. Tampaknya, jeans tidak akan lebih kotor daripada ketika dicuci dan dipakai selama 13 hari.

2. Jangan mencucinya dengan air panas
Mencuci bahan denim dalam air panas bisa menyebabkan kerusakan pada serat kainnya. Sebaiknya, gunakan air dingin saja, dan cuci jeans warna gelap dalam keadaan terbalik (bagian dalam di luar). Lalu, gantungkan saja sampai kering. Menghindari air panas saat mencuci akan mencegah jeans menyusut dan meningkatkan daya tahannya.

3. Jangan pernah menyetrika jeans
Alasannya sama dengan masalah mencuci jeans dengan air panas. Paparan panas dan uap dari setrika dapat merusak serat-serat denim. Belum lagi risiko noda putih akibat setrika yang terlalu panas. Selain itu, karena jeans adalah pakaian kasual, Anda tak akan membutuhkan lipatan-lipatan yang membuatnya terlihat ketinggalan jaman.

4. Kirimkan ke dry cleaner

Untuk mencegah jeans berwarna gelap akan memudar, sebaiknya Anda mengirimnya ke dry cleaner, dan bukannya mencucinya. Kemudian, simpanlah jeans ke tempat yang tidak langsung terpapar sinar matahari untuk menjaga agar warnanya tetap awet.(kaboodle)

Editor: Fransina Luhukay
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved