Breaking News:

Balikpapan Terapkan Pemakaman Online

Bisa jadi proyek Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Km 15, Balikpapan Utara merupakan program pemakaman online pertama di Kaltim.

BALIKPAPAN, tribunkaltim.co.id  - Bisa jadi proyek Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Km 15, Balikpapan Utara merupakan program pemakaman online pertama di Kalimantan Timur. TPU terpadu ini rencananya akan dioperasikan dengan cara online.

Tujuanya untuk memudahkan keluarga mencari letak makam anggota keluarganya. "Jadi kita buatkan database yang berisi data almarhum, keluarganya dan letak makamnya," kata Sudirman, Kabid Pertamanan dan Pemakaman DKPP Balikpapan, Rabu (1/6).

Dengan adanya database tersebut diharapkan bisa melengkapi data dari Catatan Sipil Penduduk (Capilduk). "Jangan sampai ada orang yang sudah meninggal tapi masih dibuatkan kartu pemilih (untuk pemilihan) nanti kan repot," ujarnya.

Makam tersebut juga memiliki fungsi lain yaitu menjadi ruang terbuka hijau sekaligus sebagai lahan konservasi air. "Kita jadikan sebagai konsep makam yang sekaligus taman atau ruang terbuka hijau sekaligus daerah resapan air," ucap Sudirman.

Nantinya TPU tersebut juga akan diberi penerangan berupa lampu jalan dan lampu taman. Pembangunan TPU terpadu yang menelan dana Rp 1 miliar tersebut memiliki luas 63 hektare. Dengan rincian untuk kuburan muslim 16 hektare, Kristen 4 hektare, Khonghucu  dan Budi Luhur 30 hektare, PITI (Persatuan Islam Tionghoa) 1,5 hektare, Barat Jaya 8 hektare dan Hindu 1 hektare.

Hingga saat ini Raperda yang mengatur tentang operasional TPU di Km 15 masih proses. Menurut Sudirman,  perda tersebut mengatur tentang ukuran makam, jalan masuk dan jalan setapak, proses pemakaman hingga retibusinya. Sementara itu tidak kurang dari 9 TPU ditutup oleh DKPP melalui Perwali. (*)

Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Sumarsono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved