Breaking News:

Balikpapan Raih 4 Penghargaan Adiwiyata

Meski gagal meraih piala Adipura, Balikpapan berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri yang diraih RSBI SMPN 1 Balikpapan.

Balikpapan Raih 4 Penghargaan Adiwiyata
tribunkaltim/Geafry Necolsen
Meski gagal meraih piala Adipura, Balikpapan berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri yang diraih RSBI SMPN 1 Balikpapan.
BALIKPAPAN, tribunkaltim.co.id -  Meski gagal meraih piala Adipura, Balikpapan berbangga hati karena berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri yang diraih RSBI SMPN 1 Balikpapan. Pemkot Balikpapan menggelar acara penyambutan yang sangat meriah Rabu (8/6/2011).

"Penyambutan piala Adiwiyata Mandiri ini dilakukan sejak tiba dari Bandara Sepinggan. Mulai dari bandara, tropi diarak sampai di sini," jelas Sri Haryatmo kepala sekolah SMPN 1. Adiwiyata Mandiri merupakan penghargaan tertinggi untuk penghargaan Adiwiyata.

Menurutnya tujuan program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang nyaman bagi sekolah untuk menjadi tempat kegiatan belajar mengajar sekaligus mengajak warga sekitar sekolah untuk berpartisipasi.

Selain SMP N 1 juga terdapat tiga sekolah lain yang meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri seperti SMPN 3, SMAN 1 Balikpapan dan SDN 001 Balikpapan Selatan yang meraih Adiwiyata Madya ketiga kalinya.

Acara penyambutan dimeriahkan oleh marching band Gita Bahana dari SMPN 1 disertai pula beberapa sekolah penerima penghargaan adiwiyata lainnya. Dalam arak-arakan tersebut juga dmenampilkan para pelajar SD 001 Balikpapan Selatan dan SMAN 1 yang memakai pakaian dari bahan-bahan limbah daur ulang.

Acara penyambutan tersebut dihadiri oleh para pejabat Pemkot, forum komunikasi pimpinan daerah, DPRD, dan juga sekolah-sekolah binaan program adiwiyata SMPN 1, tidak kurang dari 20 sekolah, pihak kelurahan dan camat semua diundang untuk menghadiri acara ini.

Dalam sambutannya, walikota Balikpapan Rizal Effendi mengaku sangat bangga atas prestasi yang diraih Balikpapan, terutama piala Adiwiyata Mandiri yang diterima SMPN 1 Balikpapan dan juga urutan pertama kategori  kota besar dalam laporan SLHD dari enam kota besar yang ada.

Rizal juga mengingatkan agar masyarakat Balikpapan terus menjaga dan mempertahankan kebersihan yang ada di kota Balikpapan dan terus melakukan kegiatan penghijauan.   "Kepada masyarakat mari kita bertekad untuk  merebut kembali Adipura tahun depan," ujar Rizal dihadapan tamu undangan dan siswa sekolah.

Rizal juga menyampaikan ucapan selamat atas kemenangan SMPN 1 atas kreativitasnya mendaur ulang uang kertas, SMPN 1 meraih juara 3 nasional.

Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Reza Rasyid Umar
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved