Sukhoi Superjet 10 Batal Terbang dari Makassar

Manajemen maskapai berjanji mengembalikan seluruh uang pembelian tiket dan uang pelayanan jasa penumpang pesawat.

Manajemen Sky Aviation menyatakan, pihaknya mendapat masalah teknis di bandara tujuan, dan belum ada kepastian digelarnya kembali penerbangan perdana.


Pesawat dengan nomor penerbangan SY742 seharusnya lepas landas di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin pukul 15.05 dan mendarat di Bandara Syukuran Aminuddin Ami Luwuk pada pukul 16.00. Petugas baru menyampaikan pesawat batal terbang sekitar pukul 17.30.


Saat itu calon penumpang mulai gelisah karena penumpang maskapai lain bergantian meninggalkan ruang tunggu melalui pintu dua dan tiga. “Kami menyampaikan ada masalah pada GTC GPU. Alat ini ibarat aki dan ternyata sampai hari ini belum disiapkan di Bandara Luwuk untuk Sky Aviation,” terang seorang petugas gerai Sky Aviation di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, kemarin (12/4).


GPU atau ground power unit menyerupai generator bergerak untuk memasok listrik ke pesawat selama di darat. Perangkat ini dioperasikan ketika auxiliary power unit atau APU rusak. APU berfungsi memberikan kekuatan pada saat memulai mengoperasikan mesin utama.


Dalam kondisi tanpa APU maka pesawat membutuhkan GTC atau ground turbine compressor untuk memasok tenaga udara untuk menggerakkan air starter engine. Namun, ada pula kabar beredar di bandara jika Sky Aviation belum diizinkan mendarat di Bandara Luwuk. Kabar ini dibantah petugas gerai maskapai.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved