5 Sastrawan Nasional Sapa Ratusan Siswa Balikpapan

Ratusan siswa dari berbagai sekolah se-Kota Balikpapan berdialog dengan lima sastrawan dan budayawan nasional.

5 Sastrawan Nasional Sapa Ratusan Siswa Balikpapan
tribun kaltim/syaiful syafar
\Aktor teater Iman Soleh saat membacakan puisi dalam acara SBSB 2013 di SMPN 2 Balikpapan.
BALIKPAPAN, tribunkaltim.co.id - Ratusan siswa dari berbagai sekolah se-Kota Balikpapan berdialog dengan lima sastrawan dan budayawan nasional di lapangan SMPN 2 Balikpapan, Rabu (5/6/2013).  Kegiatan bertajuk "Sastrawan Bicara Siswa Bertanya" (SBSB) 2013 ini digagas oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Sejumlah sastrawan yang hadir dalam acara tahunan itu antara lain, aktor Sujiwo Tejo, seniman teater Iman Sholeh, penyair Jamal D Rahman, Agus R Sarjono, serta musisi Ari Kpin.


Kegiatan tersebut berlangsung meriah. Sebelum berdialog tentang teknis menulis, para sastrawan secara bergantian menggelar aksi baca puisi. Iman Soleh misalnya, dengan deklamasi yang kocak membacakan sebuah puisi karya Taufiq Ismail berjudul Seorang Tukang Rambutan. Kemudian disusul Ari Kpin yang menyuguhkan musikalisasi puisi dengan alat bantu keyboard.


Sedangkan Sujiwo Tejo memilih berkolaborasi dengan salah seorang siswi SMPN 2 untuk membacakan sajak-sajak karya Agus Noor. Penyair Agus R Sarjono juga tampil membacakan beberapa sajak. Sedangkan Jamal D Rahman didaulat sebagai pembawa acara.


Dirjen Dikdas Kemendikbud Dr Kamrin Kasman mengatakan, program SBSB sudah digalakkan sejak tahun 2000 silam. Setiap tahun acara ini dilaksanakan sebanyak 6 kali di tiap-tiap Provinsi. Pada tahun ini, Balikpapan mendapat kesempatan ditunjuk menggelar SBSB mewakili Provinsi Kalimantan Timur.

"Kita memilih Kabupaten/Kota penyelenggara secara acak. Bahwa sekolah yang kita berikan kepercayaan itu bisa menjamin kelangsungan, menjaga ketentraman, dan memobilisasi peserta. Tidak ada kriteria khusus, ya kita berharap semua Provinsi nanti dapat," ujarnya. (*)

Penulis: Syaiful Syafar
Editor: Fransina Luhukay
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved