Breaking News:

Pasar Mangkurawang tak Cukup Tampung Pedagang Pasar Tangga Arung

Pasar yang dioperasikan sejak September 2013 lalu memiliki kapasitas 381 petak.

Penulis: Rahmad Taufik | Editor: Adhinata Kusuma

TENGGARONG, tribunkaltim.co.id  - Pasar Mangkurawang yang menjadi sasaran relokasi para pedagang Pasar Tangga Arung tak cukup untuk menampung seluruh pedagang yang mencapai 1.984 orang. Pasar yang dioperasikan sejak September 2013 lalu memiliki kapasitas 381 petak.

Sehingga daya serap pasar hanya berkisar 19, 20 persen untuk menampung jumlah pedagang di 2 lokasi, yakni pasar tradisional Mangkurawang dan Pasar Tangga Arung eks Jonggon. Pasar Mangkurawang masih membutuhkan 1.603 petak lagi.

"Kami berharap kekurangannya dapat tertampung pada pembangunan pasar tahap II yang sedang dilaksanakan saat ini seluas lebih 3 hektare yang diperkirakan selesai 2014," kata Azmidi, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kukar.

Dia mengatakan, beberapa kendala yang ditemui, seperti ada beberapa pedagang yang memiliki 1-3 petak yang mohon diakomodir secara utuh, terjadinya alih fungsi dan banyaknya calon pemohon yg bersifat spekulan.

Pasar Mangkurawang mulai dibangun sejak 2009 dan rampung 2010 melalui Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang oleh PT Raka Utama. Pasar ini dikelola dan tercatat sebagai aset Disperindagkop sejak 14 Januari 2013. Luas bangunan Pasar Mangkurawang mencapai 21,014 m2 dengan biaya pembangunan sebesar Rp 53 miliar.

Pasar memiliki kapasitas sebanyak 381 petak, terdiri dari 56 petak untuk pertokoan dengan rolling door, 60 petak berupa kios dan 265 petak berupa petak los sayur. ayam dan daging.

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved