Jalan Rusak di Kaltara

Perbaikan Jalan Pimping-Sekatak Tunggu Persetujuan ADB

Harus ada persetujuan dari Asian Development Bank (ADB) untuk menentukan siapa pemenang lelang.

Perbaikan Jalan Pimping-Sekatak Tunggu Persetujuan ADB - portal_Jalan_Ping-PIng_MUHAMMAD_ARFAN_.jpg
tribun kaltim/muhammad arfan
Beginilah kondisi jalan Trans Kaltim (Kaltara Sekarang) tepatnya di Desa Piming Kecamatan Tanjung Palas Utara. Sepanjang 10 kilometer jalan ini kondisinya rusak parah. Jalan ini merupakan akses penghubung antara Kabupaten Bulungan dengan Kabupaten Tana Tidung.
Perbaikan Jalan Pimping-Sekatak Tunggu Persetujuan ADB - portal_Kondisi_Jalan_MUHAMMAD_ARFAN_.jpg
tribun kaltim/muhammad arfan

TANJUNG SELOR, tribunkaltim.co.id – Dua paket perbaikan jalan trans Kaltim yang terletak tiga kecamatan yakni kecamatan Tanjung Palas, Tanjung Palas Utara dan Sekatak Kabupaten Bulungan sejauh ini belum dapat dilaksanakan.

Pasalnya kedua paket perbaikan jalan tersebut (Tanjung Palas-Pimping, Pimping-Sekatak) tengah menunggu persetujuan dari pihak penyedia anggaran (pinjaman luar negeri) yakni Asian Development Bank (ADB), sebagai persyaratan untuk menentukan pemanang lelang.

“Sebenarnya anggaran itu ada, cuma lelangnya belum selesai-selesai, karena dia pakai ADB. Harus ada persetujuan dari sana (ADB) untuk menentukan siapa pemenang lelang,” kata Ahmad Khaerani, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kaltara, kepada Tribun belum lama ini.

Kedua paket perbaikan jalan yang dibiayai senilai 400 Miliar rupiah dari ADB ini, juga dipersyaratkan harus terdapat jaminan dari Pemkab Bulungan dan Pemprov Kaltara dari sisi penyelesaian masalah sosialnya.

Kendati demikian, Pj Gubernur Kaltara Irianto Lambrie yang dikonformasi perihal ini optimistis pengerjaan dua paket perbaikan jalan tersebut akan dimulai di tahun 2014 ini. Pihaknya pun terus melakukan koordinasi dengan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VII Banjarmasin untuk melakukan monitoring dan percepatan proses pemenangan lelang, hingga mendapat persetuan dari ADB.

“Jalan antara Tanjung Palas sampai Pimping informasinya dari pihak Balai itu sedang dilalang. Tetapi kemungkinan besar sekarang sedang menunggu tahap pemenang lelangnya.Karena komposisi pembiayannya berasal dari pinjaman luar negeri, makanya sedikit agak rumit,” tutup Irianto.

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Fransina Luhukay
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved