Masyarakat Balikpapan Diminta Tetap Waspadai Kebakaran

BPBD Kota Balikpapan meminta agar masyarakat tetap mengedapankan unsur kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran.

Masyarakat Balikpapan Diminta Tetap Waspadai Kebakaran
TMC Polda Metro Jaya
Ilustrasi kebakaran 

BALIKPAPAN, tribunkaltim.co.id - Tiga kebakaran yang menghanguskan belasan rumah dalam lima hari terakhir membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan meminta agar masyarakat tetap mengedapankan unsur kewaspadaan dalam mencegah bencana serupa kembali terulang.

Pasalnya sebelumnya BPBD sudah merasa bersyukur angka kebakaran menurun jauh pada bulan Ramadhan kemarin dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Menurut Sekertaris BPBD Kota Balikpapan, Ambo Dai, Rabu (6/8), faktor utama terjadinya kebakaran yang dalam berapa hari ini sebenarnya lebih kepada unsur kelalaian masyarakat.

Apalagi dalam berapa minggu terakhir Balikpapan tengah dilanda musim kemarau dan curah hujan yang turun tergolong cukup rendah sehingga api sekecil apapun bisa memicu terjadinya kebakaran yang merugikan banyak pihak.

Ambo mengingatkan agar masyarakat memperhatikan betul hal-hal yang bisa memicu terjadinya kebakaran, misalnya instalasi listrik yang terpasang di rumah tentu saja harus sesuai dengan standard keamanan dari PLN.

Selain itu masyarkat juga diminta memastikan terlebih dahulu, ketika meninggalkan rumah kompor tak dalam keadaan menyala. (*)

Penulis: Januar Alamijaya
Editor: Sumarsono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved