Kebakaran Hutan

Kebakaran Hutan di Bukit Soeharto Akibat Puntung Rokok

ebakaran hutan di kawasan Bukit Soeharto KM 58, Kecamatan Samboja, diakibatkan puntung rokok yang dibuang warga.

TENGGARONG, tribunkaltim.co.id  - Kebakaran hutan di kawasan Bukit Soeharto KM 58, Kecamatan Samboja, diakibatkan puntung rokok yang dibuang warga. Ini disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kukar, Darmansyah.

"Kebakaran hutan lindung di kawasan Bukit Soeharto KM 58 Samarinda-Balikpapan, Senin (29/9) sekitar pukul 19.30 diakibatkan puntung rokok yang dibuang warga sembarangan," kata Darmansyah, Selasa (30/9). Kebakaran tadi malam menghanguskan kurang lebih 2 hektare lahan.
Menurutnya, puntung rokok dibuang oleh warga yang melintas di jalan raya. Beruntung tak ada korban jiwa dalam kebakaran hutan ini. Sekitar pukul 24.00, api dapat dipadamkan oleh petugas BPBD Kukar yang menurunkan 4 unit pemadam, dibantu satu unit pemadam pos Loa Janan dan satu unit pemadam  Samboja.

"Kami juga dibantu Danramil Loa Janan dan Samboja, Polsek Tahura, serta Kasi Trantip Kecamatan Samboja, serta Dinas Kehutanan dan petugas Pusrehut Unmul," imbuhnya.
Petugas sempat mengalami kesulitan saat memadamkan api karena angin bertiup sangat kencang. Api dapat dipadamkan setelah sejumlah petugas pemadam berjibaku selama 4,5 jam.
Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Fransina Luhukay
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved