Hari AIDS Sedunia

47 PSK Terindikasi HIV/AIDS di Kutai Kartanegara

"Penderita HIV/AIDS di Kukar tahun ini mencapai 47 orang dari populasi 497 orang yang disurvei di 12 lokalisasi," kata Triatmo.

47 PSK Terindikasi HIV/AIDS di Kutai Kartanegara
TRIBUN KALTIM/RAHMAT TAUFIK
Kasi Pencegahan Pemberantasan Penyakit Dinkes Kukar Triatmo. 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Hari ini masyarakat memperingati Hari AIDS sedunia yang jatuh pada 1 Desember. Data terakhir dari Dinas Kesehatan Kukar menyebutkan sebanyak 47 Pekerja Seks Komersial (PSK) terindikasi HIV/AIDS di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Data ini merupakan hasil kegiatan zero survei di 12 lokalisasi yang ada di wilayah Kukar.

Kasus positif HIV/AIDS di Kukar ini diidap golongan wanita usia 15-49 tahun, sedangkan HIV/AIDS pada anak sampai saat ini terdata 2 orang usia 0-5 tahun yang dilaporkan RSUD AM Parikesit Tenggarong dan RSUD AW Syahranie Samarinda.

"Penderita HIV/AIDS di Kukar tahun ini mencapai 47 orang dari populasi 497 orang yang disurvei di 12 lokalisasi," kata Triatmo, Kasi Pencegahan Pemberantasan Penyakit, Dinas Kesehatan Kukar, Senin (1/12/2014).

Kegiatan zero survei ini dilaksanakan rutin tiap 6 bulan sekali. Dia mengatakan jumlah penderita HIV/AIDS bersifat kumulatif.
Ibarat fenomena gunung es, jumlah penderita HIV/AIDS bisa lebih besar dari yang terdata selama ini.

PSK yang terindikasi HIV/AIDS akan dipulangkan melalui Dinas Sosial agar mereka bisa menjalani pengobatan di tempat asal mereka. "Tapi, biasanya mereka balik lagi ke sini setelah dipulangkan daerah asal mereka. Mereka akan ganti nama dengan KTP lain. Satu orang PSK ini bisa memiliki 3-4 KTP," ujar Triatmo. (*)

Ikuti perkembangan berita lainnya dengan like Facebook TRIBUN KALTIM dan follow @tribunkaltim

Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved